Kamis 08 Feb 2018 02:03 WIB

Lampung Luncurkan Kapal Wisata Menuju Pulau Pahawang

Kapal wisata akan melayani wisatawan menuju kawasan Teluk Lampung.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nur Aini
Taman Bawah Laut Pahawang. Pulau Pahawang merupakan satu dari beberapa pulau kecil di Teluk Lampung.
Foto: Republika/Prayogi
Taman Bawah Laut Pahawang. Pulau Pahawang merupakan satu dari beberapa pulau kecil di Teluk Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Untuk menunjang pariwisata di Provinsi Lampung, Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Bachtiar Basri meluncurkan kapal wisata bernama Samudra Krakatau, Rabu (7/2). Kapal tersebut akan melayani wisatawan ke Pulau Pahawang dan pulau-pulau lainnya di kawasan Teluk Lampung.

''Hadirnya Kapal Samudra Krakatau ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke Lampung,'' kata Wagub Lampung Bachtiar Basri seusai meluncurkan kapal yang terinspirasi dari kapal Belanda De Berouw yang terhempas di Lampung saat Gunung Krakatau meletus tahun 1883.

Ia berharap Kapal Samudara Krakatau dapat menjembatani wisatawan nusantara dan mancanegara menuju destinasi wisata perairan di Teluk Lampung. Dampaknya, selain menggalakkan sektor pariwisata juga diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di sekitar destinasi wisata laut.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus menggalakkan sektor pariwisata untuk menggali destinasi wisata yang belum tergarap maksimal. Upaya perbaikan dan pembangunan infrastruktur menuju daerah wisata di Lampung membuat potensi wisata yang ada menjadi lebih bergairah lagi.

Pembuatan Kapal Samudra Krakatau sebagai bantuan dari Bank Lampung lewat program CSR. Kapal yang dibuat di galangan kapal rakyat Desa Sukamaju, menjadi langkah awal pembangunan di sektor pariwisata laut. Apresiasi kepada Bank Lampung untuk kepentingan pariwisata Lampung, ujarnya.

Ia mengatakan dari berbagai data yang ada, kunjungan wisatawan ke Lampung belakangan ini terus meningkat, bahkan beberapa waktu lalu tercatat melebihi kunjungan wisatawan ke Bali. Tentunya, ia berharap selain membangun infrastruktur menuju tempat wisata, juga meningkatkan sinergi antarpihak untuk meningkatkan sektor pariwisata lebih maju lagi.

Kapal Samudra Krakatau menjadi ikon Lampung karena dilabeli dengan ciri khas Lampungnya. Sehingga, pengunjung dapat mengetahui corak khas Lampung ketika menaikkan kapal tersebut menuju tempat-tempat wisata laut.

Direktur Utama Bank Lampung Eria Desomsoni mengatakan, penyaluran dana pembuatan kapal tersebut guna mendukung program pemerintah di sektor pariwisata.

"Seperti yang diketahui, kunjungan sektor pariwisata Lampung lebih tinggi dari rata-rata nasional. Dengan adanya kapal wisata Samudra Krakatau ini diharapkan dapat lebih meningkatkan pariwisata Lampung," ungkap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement