Kamis 22 Feb 2018 18:01 WIB

Kim Kurniawan Pulih, Siap Tampil pada Laga Pembuka Liga 1

Saat ini, Kim sudah mulai menjalani sesi latihan terpisah.

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Israr Itah
Kim Kurniawan.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Kim Kurniawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --- Gelandang Persib Bandung Kim Jeffrey Kurniawan mengalami perkembangan penyembuhan yang cukup baik atas cedera tulang fibula yang ia alami. Dengan demikian, diharapkan pemain berdarah Indonesia-Jerman tersebut dapat memperkuat Maung Bandung pada pertandingan Liga 1 yang akan berlangsung bulan depan.

"Kim sudah ada perbaikan, sekarang pekan ke-13 ke-14. Mudah-mudahan dalam beberapa pekan ke depan sudah bisa gabung," jelas dokter tim Persib Rafi Ghani pada Kamis (22/2).

Saat ini, Kim sudah mulai menjalani sesi latihan. Meski demikian, ia masih berlatih terpisah.

Ghani menjelaskan, pemain bernomor punggung 23 tersebut masih menjalani proses pemulihan trauma atas cedera yang ia alami saat melawan Persija pada 3 November lalu di Stadion Manahan Solo. Secara fisik, pemulihan Kim beradasar pengamatan hasil foto rontgen menujukkan sudah mulai muncul selaput halus di sekitar tulang fibulanya yang patah.

"Sudah bagus ada pembentukan halus di sekitar frakturnya, sekarang latihan untuk mengatasi trauma. Semoga cepat pulih dalam beberapa pekan ke depan," ucap Ghani. 

Kim sangat berharap dapat berada di tengah lapangan bersama rekan-rekannya saat pertandingan Liga dimulai. Sebelumnya, ia hanya mampu duduk di bangku penonton menyaksikan rekan seperjuangannya bertarung pada Piala Presiden 2018.

"Kalau memungkinkan, saya inginnya sudah sembuh (saat Liga 1) dan bisa bermain lagi sama teman-teman. Masih ada waktu sekitar tiga pekan. jadi bisa dibilang masih jauh," ujar Kim.

Ia optimis, dalam beberapa pekan ke depan dirinya bisa pulih total dan kembali menggiring si kulit bundar di lapangan. "Pastinya, saat saya berlatih bersama teman-teman lain saya mendapat dukungan dari mereka dan itu juga yang membuat saya semakin semangat dalam berlatih," katanya.

Harapan baik atas kembalinya Kim harus ditukar dengan kemungkinan absennya salah satu pilar pertahanan Persib. Victor Igbonefo dikabarkan masih membutuhkan waktu panjang untuk menjalani proses pemulihan atas cedera yang ia alami.

Menurut Rafi Ghani, pemain naturalisasi asal Nigeria tersebut membutuhkan waktu untuk beristirahat usai mengalami cedera di bagian lutut dan engkel kaki kirinya. "Kemarin pada 14 Februari, Victor menjalani kontrol dengan dokter yang berada di Singapura. Katanya cederanya sudah oke 100 persen," kata Ghani.

Namun demikian, cedera Victor mengalami gejala inflamasi, yakni pembengkakan yang terasa panas. Artinya, Victor masih membutuhkan waktu lebih lama untuk beristirahat agar radangnya menghilang.

Cedera yang dialami dialami bek kelahiran Nigeria tersebut terjadi saat menjalani pertandingan melawan PSM Makassar di laga pamungkas babak penyisihan grup Piala Presiden 2018 pada 26 Januari lalu. Dengan demikian, Victor diprediksi tidak dapat memperkuat tim pada pertandingan pembuka Liga 1.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement