Jumat 23 Feb 2018 19:05 WIB

Kiat Atasi Kecanduan pada Smartphone

Pengguna sebaiknya mencoba detoks digital.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Smartphone. Ilustrasi
Foto: Reuters
Smartphone. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Penggunaan smartphone dapat mengakibatkan kecanduan pada pemiliknya. Banyak pengguna yang terlalu sering mengecek ponselnya, terkadang sekadar untuk mengecek notifikasi atau membuka media sosial.

Independent melaporkan dari survei yang dilakukan Deloitte tahun lalu, dua pertiga masyarakat di Inggris mengakui dirinya sangat sering memeriksa ponsel.

Kebiasaan tak bisa lepas dari smartphone ada baiknya dikurangi. Catherine Price, penulis How to Break Up with Your Phone menegaskan terlalu lama menatap layar ponsel bisa menurunkan produktivitas.

Agar bisa lepas dari kecanduan smartphone, ia membagikan resep mudah.

Price menyebut orang bisa mulai mencoba detoks digital, yakni menjauhkan diri dari smartphone selama waktu tertentu. Caranya dengan menetapkan batas waktu secara bertahap mulai dari 30 menit per hari sampai akhirnya bisa lepas dari smartphone selama 24 jam.

"University of California menemukan tanda notifikasi di ponsel dapat memecah konsentrasi. Rata-rata durasi pecahnya konsentrasi mencapai 23 menit per hari. Setidaknya butuh 15 detik untuk mengembalikan konsentrasi seperti sedia kala," jelas Maths Mathisen, CEO dan co-founder Hold.

Hold adalah aplikasi yang memberi hadiah kepada murid-murid yang mau meletakkan ponselnya. "Dengan menjauhkan ponsel atau tidak meletakkan di depan andaselama bekerja, fokus tidak akan terpecah karena meminimalisasi gangguan," saran Mathisen.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ يَزْعُمُوْنَ اَنَّهُمْ اٰمَنُوْا بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ يُرِيْدُوْنَ اَنْ يَّتَحَاكَمُوْٓا اِلَى الطَّاغُوْتِ وَقَدْ اُمِرُوْٓا اَنْ يَّكْفُرُوْا بِهٖ ۗوَيُرِيْدُ الشَّيْطٰنُ اَنْ يُّضِلَّهُمْ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Tidakkah engkau (Muhammad) memperhatikan orang-orang yang mengaku bahwa mereka telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelummu? Tetapi mereka masih menginginkan ketetapan hukum kepada thaghut, padahal mereka telah diperintahkan untuk mengingkari thaghut itu. Dan setan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) kesesatan yang sejauh-jauhnya.

(QS. An-Nisa' ayat 60)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement