Ahad 25 Feb 2018 14:16 WIB

SpaceX Berhasil Luncurkan Dua dari 12 Ribu Satelit Internet

Satelit yang disebut Paz ini akan mengawasi perjalanan kapal melintasi samudra.

Rep: Retno Wulandari/ Red: Winda Destiana Putri
Satelit
Foto: blogspot
Satelit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- SpaceX, perusahaan roket yang didirikan Elon Musk, berhasil meluncurkan sebuah satelit radar Spanyol. Satelit yang diluncurkan pada Kamis pagi ini merupakan yang pertama dari hampir 12 ribu satelit yang akan diluncurkan di sekeliling bumi.

Satelit yang disebut Paz ini akan mengawasi perjalanan kapal melintasi samudra-samudra di dunia. Selain Paz, adapula satelit lainnya yang diluncurkan bersamaan dengan roket Falcon 9. Dua satelit yang diluncurkan ini merupakan bagian dari rencana Musk dalam meningkatkan cakupan internet berkecepatan tinggi di bumi.

Dalam beberapa tahun kedepan, SpaceX berharap dapat meluncurkan setidaknya 4.425 satelit internet yang mengorbit pada jarak 700 sampai 800 mil di atas bumi. Selanjutnya, diluncurkan pula sebanyak 7.500 satkeit dengan orbit yang lebih rendah.

Dilansir Science Alert, rencana peluncuran satelit hingga hampir mencapai angka 12 ribu ini merupakan jumlah terbanyak yang diluncurkan sepanjang sejarah. Rencana ini telah sempat disinggung Musk dan SpaceX sejak 2015 lalu.

Menurut Federal Communications Commission (FCC), pada November 2017 pihaknya telah mengeluarkan izin untuk SpaceX meluncurkan dua satelit uji coba. Kedua satelit tersebut Microsat-2a dan Microsat-2b.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement