Selasa 27 Feb 2018 12:32 WIB

MER-C Periksa dan Obati Ratusan Korban Erupsi Sinabung

Tim yang dikirim sebanyak 17 relawan

Rep: Fuji EP/ Red: Esthi Maharani
Lahar Dingin Terjang Sigarang-Garang. Material vulkanis erupsi Gunung Sinabung menyapu Desa Sigarang-Garang, Karo, Sumatra Utara, Jumat (23/2).
Foto: Republika/ Wihdan
Lahar Dingin Terjang Sigarang-Garang. Material vulkanis erupsi Gunung Sinabung menyapu Desa Sigarang-Garang, Karo, Sumatra Utara, Jumat (23/2).

REPUBLIKA.CO.ID,  MEDAN -- Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) mengirimkan tim untuk melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan, pengobatan umum dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Sinabung. Tim yang dikirim sebanyak 17 relawan, mereka berangkat ke Kabupaten Karo pada akhir pekan lalu.

Manajer Operasional MER-C, Rima M mengatakan, tim terdiri dari tiga dokter umum, lima perawat, dua mahasiswa keperawatan, lima mahasiswa kedokteran, satu mahasiswa kebidanan dan satu relawan non medis yang bertindak sebagai supir. Tim berangkat menuju lokasi bencana di Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

"Di wilayah ini tim melaksanakan kegiatan pengobatan dan penyaluran bantuan donatur di tiga lokasi yaitu Desa Payung, Selandi Lama dan Selandi Baru," kata Rima kepada Republika, Selasa (27/2).

Ia menerangkan, tim tiba di lokasi sekitar pukul 14.30 WIB dan langsung berkoordinasi dengan kepala Desa Payung. Kemudian tim dibagi menjadi dua. Tim pertama fokus melaksanakan kegiatan medis di Desa Payung dan tim kedua mobile ke desa-desa yang ada di Kecamatan Payung.

Total pasien yang ditangani di kecamatan Payung sebanyak 242 orang dengan princian 170 orang di Desa Payung, 57 orang di Desa Selandi Lama dan 15 orang di Desa Selandi Baru. Permasalahan kesehatan yang banyak dijumpai adalah iritasi mata, ISPA dan penyakit degeneratif hipertensi serta diabetes militus.

"Tim selesai melaksanakan kegiatan sekitar pukul 19.30 WIB, saat tim dalam perjalanan kembali ke Medan, tim mendapatkan kabar bahwa Gunung Sinabung kembali erupsi dengan arah angin perlahan ke arah barat daya," ujarnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ لَسْتُمْ عَلٰى شَيْءٍ حَتّٰى تُقِيْمُوا التَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَ وَمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكُمْ مِّنْ رَّبِّكُمْ ۗوَلَيَزِيْدَنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ مَّآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ مِنْ رَّبِّكَ طُغْيَانًا وَّكُفْرًاۚ فَلَا تَأْسَ عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Kamu tidak dipandang beragama sedikit pun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil dan (Al-Qur'an) yang diturunkan Tuhanmu kepadamu.” Dan apa yang diturunkan Tuhanmu kepadamu pasti akan membuat banyak di antara mereka lebih durhaka dan lebih ingkar, maka janganlah engkau berputus asa terhadap orang-orang kafir itu.

(QS. Al-Ma'idah ayat 68)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement