Jumat 30 Mar 2018 10:09 WIB

Apa Saja Data Pengguna yang Disimpan Google dan Facebook?

Data tetap tersimpan bahkan jika pemiliknya menghapus data di perangkat.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ani Nursalikah
Google
Foto: EPA
Google

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Google dan Facebook mengetahui hampir semua yang dilakukan pemilik telepon pintar secara online atau offline dan menyimpan informasi bahkan jika pemiliknya menghapus data di perangkat.

Hal ini diungkapkan oleh seorang konsultan teknis dan pengembang web Dylan Curran di akun Twitter. "Saya akan menunjukkan seberapa banyak informasi yang Anda suka dari Facebook dan penyimpanan Google tentang Anda tanpa Anda sadari," katanya.

Berikut adalah beberapa poin dari daftar Curran, seperti dikutip di Aljazirah, Jumat (30/3).

1. Google menyimpan lokasi Anda (jika Anda menyalakannya) setiap kali Anda menghidupkan ponsel Anda, dan Anda dapat melihat timeline dari hari pertama Anda mulai menggunakan Google di ponsel Anda.

2. Google menyimpan riwayat pencarian di semua perangkat Anda pada database terpisah, jadi bahkan jika Anda menghapus riwayat pencarian dan riwayat ponsel, Google masih menyimpan semuanya sampai Anda masuk dan menghapus semuanya, dan Anda harus melakukan ini di semua perangkat.

3. Google membuat profil iklan berdasarkan informasi Anda, termasuk lokasi Anda, jenis kelamin, usia, hobi, karier, minat, status hubungan, kemungkinan berat badan dan penghasilan.

4. Google menyimpan informasi tentang setiap aplikasi dan ekstensi yang Anda gunakan, seberapa sering Anda menggunakannya, di mana Anda menggunakannya, dan siapa yang Anda gunakan untuk berinteraksi. Siapa yang Anda ajak bicara di Facebook, negara mana yang Anda ajak bicara, jam berapa Anda tidur.

5. Google menyimpan semua riwayat YouTube Anda, sehingga mereka tahu apakah Anda seorang konservatif, seorang progresif, Yahudi, Kristen, atau Muslim. Google juga mengetahui jika Anda kembali merasa tertekan atau ingin bunuh diri atau bahkan mengalami anoreksia.

6. Google menawarkan opsi untuk mengunduh semua data yang disimpannya tentang Anda, "Saya sudah meminta mengunduh data yang ternyata file berukuran 5,5 GB. Itu kira-kira tiga juta dokumen Word!"

7. "Facebook menawarkan opsi serupa untuk mengunduh semua informasi Anda, milik saya kira-kira 600 MB, yang kira-kira 400 ribu dokumen Word," katanya di Twitter. Ini termasuk setiap pesan dan file yang pernah Anda kirim atau terima, semua kontak di ponsel Anda, dan semua pesan audio yang pernah Anda kirim atau terima.

photo
Facebook. Ilustrasi

8. Facebook juga menyimpan apa yang menurut Anda mungkin Anda minati berdasarkan hal-hal yang Anda sukai dan apa yang Anda dan teman Anda bicarakan. Bahkan hal yang tidak penting, semua stiker yang pernah Anda kirim di Facebook juga tersimpan.

9. Mereka juga merekam data setiap kali Anda masuk ke Facebook, tempat Anda masuk, dari jam berapa, dan dari perangkat apa. Dan mereka menyimpan semua aplikasi yang pernah Anda hubungkan ke akun Facebook Anda.

10. Ini termasuk melacak di mana Anda berada, aplikasi apa yang telah Anda instal, kapan Anda menggunakannya, apa yang Anda gunakan untuk, akses ke webcam dan mikrofon Anda setiap saat, kontak Anda, email Anda, kalender Anda, riwayat panggilan Anda, pesan yang Anda kirim dan terima.

11. File yang Anda unduh, permainan yang Anda mainkan, foto dan video Anda, musik Anda, riwayat pencarian Anda, riwayat penelusuran Anda, bahkan stasiun radio apa yang Anda dengarkan.

"Ini adalah salah satu hal paling gila tentang zaman modern. Kita tidak akan pernah membiarkan pemerintah atau perusahaan menempatkan kamera/mikrofon di rumah kita atau pelacak lokasi kita. Tapi kita melakukan hal- hal itu dengan sendirinya (menggunakan ponsel dam gawai lainnya)," kata Curran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement