Ahad 01 Apr 2018 07:55 WIB

Umat Kristiani Rayakan Paskah di Monas

Acara paskah GBI ini sempat mendapat penolakan, khususnya di media sosial.

Rep: Sri Handayani/ Red: Ratna Puspita
Umat Kristiani dari jemaat GBI Glow Fellowship Center, Thamrin, Jakarta Pusat merayakan Paskah di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Ahad (1/4).
Foto: Republika/Sri Handayani
Umat Kristiani dari jemaat GBI Glow Fellowship Center, Thamrin, Jakarta Pusat merayakan Paskah di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Ahad (1/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Kristiani dari Gereja Bethel Indonesia (GBI) Glow Fellowship Center merayakan Paskah di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Ahad (1/4). Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Acara dimulai jam 04.15 WIB. Pastor GBI Glow Fellowship Center Pdt Ronny Rompas yang juga Hubungan Masyarakat (Humas) Panitia Perayaan Paskah mengatakan acara ini sudah diselenggarakan sejak 2015. 

Monas dipilih sebagai lokasi karena gereja tidak lagi dapat menampung jemaat yang jumlahnya telah mencapai 20 ribu orang. Ia menceritakan, acara ini sempat mendapatkan penolakan, terutama di media sosial. 

Penolakan itu terjadi karena adanya trauma dan kekhawatiran bahwa acara ini akan disusupi unsur politik, terutama dengan kedatangan Anies. "Paskah memang ini Paskah yang nggak mudah bagi kami karena memang banyak tentangan dari orang Kristen," kata Ronny kepada Republika di Monas, Ahad (1/4).

Pihak panitia meyakinkan bahwa hal itu tidak akan terjadi. Acara ini pun dihadiri sekitar 30 ribu jemaat. 

photo
Gubernur DKI Anies Baswedan menghadiri perayaan Paskah jemaat GBI Glow Fellowship Center, Thamrin, Jakarta Pusat merayakan Paskah di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Ahad (1/4). (Republika/Sri Handayani)

Dalam perayaan Paskah tahun ini, umat Kristiani dari GBI Glow Fellowship Center justru ingin menyampaikan pesan bahwa Monas merupakan tempat yang aman dan damai untuk menyelenggarakan kegiatan agama dan kebudayaan. Monas juga terbuka bagi semua agama.

Anies hadir di lokasi sekitar pukul 06.15 WIB. Dalam sambutannya, ia mengatakan Pemprov DKI menyambut baik perayaan Paskah di Monas. Ia berharap hal ini akan dapat menjadi lambang kebersamaan di wilayah DKI Jakarta. "Monas adalah monumen kebersamaan untuk semua," kata dia.

Acara ini juga dihadiri oleh Pimpinan GBI Glow Fellowship Center Pdt Gilbert Lumoindong, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Taher Hamad, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Kristen Thomas Pentury, Pangdam Jaya Mayjend Joni Supriyanto, Kepada Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Raden Prabowo Argo Yuwono, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama DKI Jakarta Syaiful Mujab, Ketua Panitia Tommy Sihotang, Anggota DPR RI Michael Watimena, Anggota DPRD DKI Aryo Djojohadikusumo, para pejabat DKI yang beragama Kristen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement