Rabu 11 Apr 2018 03:52 WIB

Manfaat Buah Beri Bagi Kesehatan

Buah beri kaya nutrisi penting bagi kesehatan tubuh.

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra
Blueberry merupakan salah satu buah yang rendah kandungan gulanya dan baik bagi diet Anda.
Foto: pixabay
Blueberry merupakan salah satu buah yang rendah kandungan gulanya dan baik bagi diet Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Blueberry, blackberry, raspberry, dan stroberi. Selain lezat, buah-buah beri ini kaya akan nutrisi penting yang memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti penurunan berat badan dan pencegahan penyakit kardiovaskular.

Seperti dilansir di laman Times Now News, Selasa (10/4), salah satu alasan khusus mengapa buah beri begitu istimewa adalah tingkat phytochemical yang tinggi. Fitokimia disebut juga fitonutrien, merupakan senyawa alami dalam makanan nabati yang membantu melindungi sel dari kerusakan.

Beberapa penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa banyak phytochemical dapat bertindak sebagai antioksidan, menetralkan radikal bebas dan menghapus kekuatan mereka untuk menciptakan kerusakan.

Diketahui kaya antioksidan dan polifenol, buah beri juga dapat meningkatkan sistem pencernaan dalam meningkatkan penurunan berat badan. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam laporan ilmiah, para ilmuwan telah menemukan bahwa buah beri mengandung sifat anti-kanker.

Sementara menurut para peneliti dari Universitas Eastern Finland, beri secara alami menghasilkan pigmen yang memberi mereka warna merah, biru dan ungu, yang dikenal sebagai anthocyanin. Pigmen-pigmen ini meningkatkan fungsi enzim sirtuin 6 (SIRT6) dalam sel kanker, pengaturan enzim ini dapat membuka jalan baru untuk pengobatan kanker.

Sirtuin 6 adalah enzim yang kurang terkenal yang juga terkait dengan metabolisme glukosa. Sirtuins adalah enzim yang mengatur ekspresi gen yang mengontrol fungsi sel melalui jalur sinyal seluler utama.

Penuaan menyebabkan perubahan fungsi sirtuin dan perubahan ini berkontribusi pada perkembangan berbagai penyakit, kata studi tersebut. Para peneliti juga melaporkan tentang menemukan anthocyanin sianidin baru dalam buah beri.

"Hasil yang paling menarik dari penelitian kami berhubungan dengan cyanidin, yang merupakan antosianin yang ditemukan berlimpah dalam blueberry liar, blackcurrant dan lingonberry," kata penulis utama Minna Rahnasto-Rilla.

Beri-beri juga merupakan sumber serat yang sangat baik, termasuk serat larut, yang telah terbukti mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang. Ini dapat membantu mengurangi nafsu makan dan asupan kalori sehingga membuat usaha penurunan berat badan lebih mudah.

Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi buah beri yang kaya antioksidan menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan mortalitas secara keseluruhan.

Selain banyak manfaat kesehatan lainnya, buah beri mengandung nutrisi yang juga meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. Misalnya, vitamin C dalam buah beri membantu mengurangi kerutan dan melindungi kolagen dari kerusakan, merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga rambut tetap sehat.

Studi lain, menyarankan buah beri terutama raspberry hitam dan stroberi dapat membantu menurunkan kolesterol pada orang gemuk dan mereka dengan sindrom metabolik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement