Selasa 24 Apr 2018 20:38 WIB

Liga Buku Bandung Bakal Jadi Surga Pecinta Buku

Pameran tersebut diikuti 61 penerbit yang menghadirkan 3.400 judul buku.

Red: Irwan Kelana
Salah satu pameran buku di Kota Bandung.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Salah satu pameran buku di Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kota Bandung mendapat kesempatan istimewa dijadikan lokasi untuk pameran buku berkonsep berbeda. Event pameran Liga Buku Bandung akan diadakan selama tujuh hari saja dari tanggal 30 April sampai dengan 6 Mei 2018.

Pameran dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan 21.00 wib, berlangsung selama 12 jam sehari. Pameran buku tersebut digelar di sarana olahraga dan seni yang bersejarah, GOR Saparua yang beralamat di Jalan Saparua nomor 2 Bandung.

 

Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat, Ikapi  Jakarta, Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran (IKA Unpad), dan Sygma Media Inovasi.

 

Ketua Panitia Liga Buku Bandung M Kh  Rachman mengemukakan, salah satu alasan diadakannya pameran ini didasari oleh keprihatinan akan rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. “Menurut data dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung, pada 2016 dari 2,3 juta jumlah penduduk di kota Bandung hanya 10 persen yang masih memiliki minat membaca,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (24/4).

Apa yang membuat pameran ini berbeda? Menurut Rachman, buku disajikan pada bentuk tumpukan island sehingga pengunjung langsung membawa keranjang dan memborong bukunya. Konsep ini baru pertama kali diadakan di kota Bandung. “Diskon yang ditawarkan sangat besar, mulai dari 40-50 persen untuk buku best seller dan 60-80 persen untuk buku non best seller. Liga Buku Bandung bakal jadi surga pecinta buku,” tuturnya.

Ia mengungkapkan,  Liga Buku Bandung rencananya diikuti oleh 61 penerbit terbaik yang menghadirkan sekitar 3.400 judul, dengan berbagai macam genre buku, dari mulai fiksi, nonfiksi, ilmu pengetahuan, agama, novel remaja, anak-anak, dan genre lainnya. “Semoga dengan event ini bisa semakin mendorong upaya peningkatan minat baca warga kota Bandung,” kata Rachman.

Menurut Ketua Ikapi Jawa Barat Mahpudi, ini adalah terobosan dalam menggelar pameran buku. “Semoga dengan Liga Buku Bandung, bisa mempermudah masyarakat pecinta buku, dalam membeli buku dengan harga diskon,” ujarnya.

Rachman mengemukakan, tidak hanya pameran buku, di helatan ini, akan ada panggung literasi yang diisi oleh berbagai macam acara dari komunitas literasi di kota Bandung. “Untuk info lengkap, bisa mengunjungi www.ligabukubandung.com, instagram @ligabukubandung atau ke Whatsapp 082115427377,” tutur Rachman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement