Jumat 11 May 2018 20:06 WIB

Jokowi Janji Beri Gelar Pahlawan untuk Brigjen KH Syamun

Gelar pahlawan bagi kiai jenderal belum ada dalam sejarah pahlawan nasional.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indira Rezkisari
Joko Widodo
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan memberikan gelar pahlawan kepada pendiri Yayasan Al Khairiyah Citangkil, Cilegon, Banten, Brigjen KH Syamun. Hal ini disampaikan Jokowi saat menghadiri peringatan hari lahir Al-Khairiyah Citangkil ke-93, Jumat (11/5).

Kendati demikian, Presiden mengaku hingga saat ini usulan tersebut belum sampai ke mejanya. "Saya harus ngomong apa adanya tahun kemarin saat ini belum sampai ke meja saya. Kalau sudah sampai, biasanya yang disampaikan 8 atau 10 kemudian dipilih 3 atau 4 orang saja untuk dipilih gelar pahlawan," jelas Jokowi.

Jokowi mengatakan, jika dari delapan nama yang disampaikan kepada Presiden salah satunya merupakan nama KH Syamun, ia pun berjanji akan langsung memberikan gelar pahlawan kepadanya. "Karena itu urut-urutannya panjang. Dari wali kota ke gubernur ke menteri kemudian ada tim lagi, kemudian masuk ke saya itu ada 8 nama. Yang antar biasanya Pak Mensesneg. Saya pilih 3 atau 4 nama dengan sebuah argumentasi yang sudah komplit," ujarnya.

Sementara itu, Ketua MUI Maruf Amin mendukung usulan pemberian gelar pahlawan kepada KH Syamun. Menurut dia, selama ini juga belum pernah ada pahlawan nasional yang berasal dari Banten.

"KH Syamun itu jenderal, jenderal kiai. Nggak ada. Jenderal gubernur ada, banyak ya gubernur jenderal. Ada. Tapi kiai jenderal, nggak ada, susah," kata Ma'ruf. Kyai Ma'ruf pun berharap, gelar pahlawan nasional tersebut dapat diberikan oleh pemerintah pada tahun ini.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَتِ الْيَهُوْدُ لَيْسَتِ النَّصٰرٰى عَلٰى شَيْءٍۖ وَّقَالَتِ النَّصٰرٰى لَيْسَتِ الْيَهُوْدُ عَلٰى شَيْءٍۙ وَّهُمْ يَتْلُوْنَ الْكِتٰبَۗ كَذٰلِكَ قَالَ الَّذِيْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ مِثْلَ قَوْلِهِمْ ۚ فَاللّٰهُ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ فِيْمَا كَانُوْا فِيْهِ يَخْتَلِفُوْنَ
Dan orang Yahudi berkata, “Orang Nasrani itu tidak memiliki sesuatu (pegangan),” dan orang-orang Nasrani (juga) berkata, “Orang-orang Yahudi tidak memiliki sesuatu (pegangan),” padahal mereka membaca Kitab. Demikian pula orang-orang yang tidak berilmu, berkata seperti ucapan mereka itu. Maka Allah akan mengadili mereka pada hari Kiamat, tentang apa yang mereka perselisihkan.

(QS. Al-Baqarah ayat 113)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement