Ahad 20 May 2018 06:09 WIB

Pilah Pilih Asuransi Jiwa Sebelum Membeli

Pilih asuransi yang sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Red: Ani Nursalikah
Asuransi/ilustrasi
Foto: pixabay
Asuransi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda berniat membeli asuransi jiwa? Jika ya, pahami lebih dahulu sebelum membelinya.

Ada banyak sekali produk asuransi yang ditawarkan. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan membeli asuransi jiwa, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu manfaat yang diberikan.

Dari berbagai macam produk asuransi jiwa yang tersebut, Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Untuk itu, pahami terlebih dahulu produk asuransi jiwa yang ingin Anda beli dan sesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan.

Berikut tips memilih asuransi jiwa seperti dikutip dari Cermati.com.

Ketahui Macam Produk Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memiliki banyak sekali tujuan dan fungsi produknya yang ditawarkan kepada nasabahnya. Misalnya saja untuk menanggung risiko berbahaya seperti kecelakaan, tindakan operasi mendadak, dan sebagainya.

Risiko itulah yang nantinya bisa diatasi asuransi. Dan tentu mereka akan menanganinya sesuai dengan produk yang Anda beli. Berikut jenis asuransi jiwa yang perlu Anda tahu, diantaranya:

• Jenis Asuransi Jiwa Murni

Asuransi jiwa murni adalah asuransi yang memberikan penawaran premi terjangkau, jenis asuransi ini dapat digunakan ketika orang tersebut sudah meninggal. Uang pertanggungan tergantung dari nilai premi yang dibayarkan setiap bulannya.

Manfaat asuransi jiwa murni ini adalah diberikan kepada ahli waris agar bisa tetap hidup dengan tenang dalam urusan finansialnya. Umumnya yang mengikuti asuransi ini adalah kepala keluarga yang memiliki tanggungan banyak orang dalam keluarganya.

• Jenis Asuransi Jiwa Berbasis Kesehatan

Jenis asuransi jiwa yang satu ini fokus pada kesehatan, dan sama seperti asuransi pada umum. Asuransi ini memberikan jaminan pada nasabah atas jaminan kesehatannya, karena fungsi adalah melindungi kesehatan si nasabah.

Jumlah nilai yang dapat diklaim dari asuransi ini sesuai dengan nilai premi yang Anda bayarkan setiap bulannya, sehingga semua jaminan juga tergantung dengan preminya. Jika Anda ingin mendapatkan jaminan yang besar, misalnya saja dapat digunakan untuk operasi, maka premi yang Anda bayarkan juga harus sama besarnya dengan perkiraan biaya operasi.

• Jenis Asuransi Jiwa Berbasis Pendidikan

Asuransi jiwa pendidikan adalah jenis asuransi yang ditujukan untuk menyiapkan pendidikan anak. Ini merupakan pertanggungan biaya pendidikan anak nantinya, karena kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi badan di masa yang akan datang, sementara pendidikan anak harus tetap terpenuhi.

Hal ini sangat penting dilakukan jika memang Anda benar-benar mampu untuk membayar preminya setiap bulan. Misalnya, untuk masuk SMA, atau bahkan kuliah karena tentu banyak sekali biaya yang dibutuhkan dan bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Dan yang harus Anda perhatikan adalah biaya premi, apakah premi yang Anda bayar sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Pastikan mudah untuk melakukan pengajuan klaim ketika asuransi dibutuhkan untuk membayar kebutuhan sekolah si anak.

• Jenis Asuransi Jiwa Sekaligus Investasi

Jenis asuransi yang terakhir adalah asuransi Unit Link. Asuransi ini memiliki dua manfaat atau biasanya disebut dengan dwiguna. Asuransi ini memberikan perlindungan dan berfungsi juga sebagai media investasi.

Jenis asuransi Unit Link baru bisa dinikmati beberapa tahun kemudian setelah Anda membeli polis tersebut. Oleh karea itu sebaiknya Anda mempertimbangkan dengan baik untuk menggunakan investasi jenis ini.

Bagaimana Cara Memilih Jenis Asuransi yang Tepat?

Cara memilih jenis asuransi yang tepat adalah menyesuaikan kebutuhan Anda dan kemampuan membayar premi setiap bulannya. Jangan menganggap jika membayar premi itu mudah dilakukan sehingga menyepelekan.

Sebelum Anda memilih asuransi jiwa, pahami dahulu apa yang Anda butuhkan dan bagaimana kehidupan Anda. Jika Anda khawatir dengan kesehatan Anda dimasa depan, maka pilihlah jenis asuransi jiwa kesehatan, agar nantinya Anda bisa mengklaim asuransi tersebut saat membutuhkan. Pastikan juga jika nantinya premi sesuai dengan produk yang Anda beli.

Apabila Anda memikirkan kebutuhan pendidikan bagi anak, maka Anda bisa menggunakan jenis asuransi jiawa yang fokus pada pendidikan. Di sini Anda bisa membayar premi untuk menjamin kebutuhan pendidikan anak di masa mendatang. Begitu juga dengan asuransi yang memberikan manfaat sekaligus terhadap investasi.

Pilih Asuransi Jiwa yang Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Dengan mengetahui berbagai macam asuransi jiwa, Anda akan dengan mudah memilih dan menentukan jenis asuransi jiwa yang harus dibeli sehingga akan memperoleh manfaat maksimal sesuai dengan kebutuhan. Jadi, pilihlah asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membayar preminya untuk masa depan yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement