Rabu 13 Jun 2018 03:00 WIB

Malaysia akan Buka Kembali Kedutaan Besar di Korea Utara

Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un menumbuhkan optimisme Malaysia.

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad
Foto: The Star Online
Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad

REPUBLIKA.CO.ID,  KUALA LUMPUR -- Pemerintah Malaysia akan membuka kembali Kedutaan Besar di Korea Utara (Korut). Hal itu adalah langkah awal untuk membangun kembali hubungan kedua negara yang sempat merenggang.

"Kami akan kembali membuka kedutaan besar di Korut," ujar Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, dilansir Strait Times, Selasa (12/6).

Sebelumnya, Malaysia memiliki hubungan diplomatik yang erat dengan Korut. Namun, pada 2017 hubungan kedua negara memburuk, setelah terjadinya insiden pembunuhan dari saudara seayah pemimpin Korut Kim Jong-Un, Kim Jong Nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Sejak saat itu, Malaysia memutuskan untuk menarik diplomat dan mempertimbangkan untuk menutup kedutaan besar mereka di Korut. Reuters juga pernah melaporkan bahwa tidak ada satupun staf diplomatik Malaysia yang berada di negara terisolasi tersebut.

Pernyataan untuk kembali membangun hubungan dengan Korut datang setelah dilakukannya pertemuan bersejarah antara Kim Jong-Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Singapura. Mahathir mengatakan, sudah seharusnya Malaysia juga bersikap tidak skeptis dengan keinginan Korut berdamai.

"Kita harus melihat bahwa Korut mulai berpartisipasi dalam negosiasi internasional dan membuka diri dari sikap kaku yang dimiliki sebelumnya," ujar Mahathir.

Oleh karena itu, Mahathir menilai kini adalah saat yang tepat bagi Malaysia
kembali membuka hubungan diplomatik dengan Korut. Hal itu termasuk dalam
membangun berbagai kerja sama, seperti di sektor perdagangan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيْمَا عَرَّضْتُمْ بِهٖ مِنْ خِطْبَةِ النِّسَاۤءِ اَوْ اَكْنَنْتُمْ فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ سَتَذْكُرُوْنَهُنَّ وَلٰكِنْ لَّا تُوَاعِدُوْهُنَّ سِرًّا اِلَّآ اَنْ تَقُوْلُوْا قَوْلًا مَّعْرُوْفًا ەۗ وَلَا تَعْزِمُوْا عُقْدَةَ النِّكَاحِ حَتّٰى يَبْلُغَ الْكِتٰبُ اَجَلَهٗ ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ يَعْلَمُ مَا فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ فَاحْذَرُوْهُ ۚوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ حَلِيْمٌ ࣖ
Dan tidak ada dosa bagimu meminang perempuan-perempuan itu dengan sindiran atau kamu sembunyikan (keinginanmu) dalam hati. Allah mengetahui bahwa kamu akan menyebut-nyebut kepada mereka. Tetapi janganlah kamu membuat perjanjian (untuk menikah) dengan mereka secara rahasia, kecuali sekedar mengucapkan kata-kata yang baik. Dan janganlah kamu menetapkan akad nikah, sebelum habis masa idahnya. Ketahuilah bahwa Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu, maka takutlah kepada-Nya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun, Maha Penyantun.

(QS. Al-Baqarah ayat 235)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement