Pantai Loang Baloq Jadi Lokasi Pemantauan Hilal di Lombok

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Andi Nur Aminah

Rabu 13 Jun 2018 19:49 WIB

Pantai Loang Baloq Foto: Republika/ Yasin Habibi Pantai Loang Baloq

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan menggelar pemantauan hilal awal Syawal pada Kamis (14/6) di Pantai Loang Baloq, Mataram. Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto mengatakan, pemantauan hilal akan dipusatkan di Pantai Loang Baloq yang menjadi salah satu destinasi wisata di Mataram.

"Rencananya mau pemantauan hilal di Islamic Center NTB, tapi akhirnya kita fokuskan di satu titik saja di Pantai Loang Baloq," ujar Agus kepada Republika.co.id di Mataram, NTB, Rabu (13/6).

Agus menyampaikan, pemantauan hilal akan mulai dilakukan pukul 17.00 WITA. BMKG akan menurunkan enam personel yang bergabung dengan tim dari Kementerian Agama wilayah NTB, dan dari UIN Mataram.

Agus menilai, pemilihan Pantai Loang Baloq sebagai pusat pemantauan hilal karena memudahkan tim dalam melihat hilal. Hal itu karena di pantai pandangan tidak terhalang oleh apa pun.

"Kita mau lihat hilal, kan kalau di pantai yang tak tertutup pandangannya. Kalau lihat ketinggian hilal sudah tujuh derajat lebih, mestinya harus terlihat, tapi tergantung cuaca juga besok semoga cerah," kata Agus menambahkan.