Selasa 19 Jun 2018 17:06 WIB

Megawati akan Hadiri Haul Bung Karno Besok Sore

Megawati dijadwalkan datang pada Rabu siang, lalu ziarah ke makam.

Red: Ratna Puspita
Megawati Sukarnoputri (tengah) bersama Puan Maharani (kiri) dan Ahmad Basarah.
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Megawati Sukarnoputri (tengah) bersama Puan Maharani (kiri) dan Ahmad Basarah.

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR -- Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dijadwalkan menghadiri acara haul ayahnya, Soekarno (Bung Karno), Rabu (20/6) sore. Acara haul yang masih dalam satu rangkaian peringatan bulan Bung Karno ini digelar di kawasan makam, Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, Jawa Timur.

"Menurut rencana acara akan dihadiri Ibu Megawati Soekarnoputri dan para menteri kabinet kerja," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Blitar Gigih Mardana di Blitar, Selasa (19/6).

Ia mengatakan, rangkaian haul Bung Karno tersebut akan diselenggarakan di area makam mantan Presiden tersebut, yakni di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, pada Rabu sore. Megawati dijadwalkan datang pada Rabu siang, lalu ziarah ke makam.

Pada sore harinya, Megawati akan menghadiri haul yang dikemas dalam acara Kenduri 1001 tumpeng tersebut. Megawati dijadwalkan juga akan memberikan pidato dalam acara haul tersebut.

Acara tersebut juga bakal dihadiri Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Sirodj, dan Pengasuh Pondok Pesantren Al Amien, Ngasinan, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kota, Kediri KH Anwar Iskandar.

Sejumlah menteri di era kabinet kerja yang akan hadir seperti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dan sejumlah menteri lainnya.

Untuk rangkaian acara, Gigih mengatakan, haul akan diawali dengan tahlil. Kemudian, ada sambutan dari perwakilan keluarga Bung Karno dan diakhiri dengan doa bersama. 

Acara dilanjutkan dengan makan nasi tumpeng yang telah disiapkan. Jumlah nasi tumpeng itu, kata Gigih, hingga 1.001, sesuai dengan tema yang diusung. Selain sumbangan dari warga, tumpeng itu juga berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Blitar, serta berbagai instansi lainnya.

Acara tersebut juga diikuti ribuan warga Kota Blitar dan para simpatisan Bung Karno. Mereka akan memadati lokasi yang telah disiapkan, yakni di area makam dan lokasi istana gebang, yang merupakan rumah semasa kecil Bung Karno.

Ia menambahkan, acara haul Bung Karno pada 2018 ini juga istimewa. Selain dihadiri oleh ketua umum DPP PDIP yang juga putri Bung Karno, ada banyak menteri, serta para simpatisan Bung Karno. Pemkot berharap, kegiatan ini akan membawa berkah untuk semua. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement