Senin 16 Jul 2018 00:30 WIB

Warga Desa di OKU Diteror oleh Beruang Madu Liar

Beruang madu berkeliaran dekat pemukiman warga

Red: Nidia Zuraya
Beruang madu
Foto: Shutterstock
Beruang madu

REPUBLIKA.CO.ID, BATURAJA -- Keberadaan beruang madu di Desa Sumber Bahagia, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan meresahkan warga setempat karena takut dimangsa binatang liar itu. Beruang madu ini sudah masuk ke kebun warga sejak beberapa hari terakhir.

"Ada tiga ekor beruang, dua indukan satunya masih kecil. Beruangnya sudah turun ke bawah dan kami hanya memantau dari kejauhan karena takut dimangsa," kata salah seorang warga Desa Sumber Bahagia, Kecamatan Lubuk Batang, OKU, Angkut di Baturaja, Ahad (15/7).

Saat ini warga setempat bersiaga dan memasang beberapa jeratan agar beruang tidak masuk ke perkampungan. "Keberadaan binatang buas ini sudah kami laporkan ke Polsek Lubuk Batang," ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Lubuk Batang, AKP Ujang Abdul Aziz secara terpisah membenarkan adanya hewan buas tersebut masuk ke kebun warga di Desa Sumber Bahagia. "Tapi beruang ini belum mengancam karena posisinya masih di kebun warga mencari makan mengambil kelapa," tambah dia.

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak BKSDA Pemkab OKU untuk memantau dan menangkap hewan liar itu. "Rencananya besok kami bersama BKSDA dan warga akan melakukan pemantauan sekaligus menangkap beruang tersebut," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement