Sabtu 28 Jul 2018 18:00 WIB

JK: Kelebihan Kita SDA, Kekurangan Kita SDM

JK berharap ormas Islam bisa memajukan pendidikan di Indonesia

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla beserta rombongan tiba di Bandara Raden Inten Lampung untuk meresmikan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tarbiyah– Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti). Sabtu (28/7).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla beserta rombongan tiba di Bandara Raden Inten Lampung untuk meresmikan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tarbiyah– Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti). Sabtu (28/7).

REPUBLIKA.CO.ID,  Lampung -- Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) pada Sabtu (28/7) pagi bertolak ke Provinsi Lampung untuk menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tarbiyah– Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti). JK dan rombongan terbang menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan BAe – RJ 85 dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Radin Inten II Bandar Lampung. 

Kegiatan Rakernas yang diselenggarakan di Teluk Betung, Lampung ini merupakan rakernas pertama yang diadakan Perti setelah resmi didirikan kembali pada 2016 lalu. Melalui sambutannya, JK menyampaikan, Perti sebagai organisasi Islam yang berfokus pada pendidikan sangat diperlukan bagi perkembangan Indonesia.

“Perti dapat memiliki peluang besar dalam memajukan dakwah Islamiyah.Pemerintah juga dipastikan akan mendukung upaya tersebut agar perkembangan pendidikan dapat meningkat,” kata JK kepada 300 anggota Perti dari seluruh provinsi di Indonesia yang hadir di Bandar Lampung, Sabtu (28/7).

Dia berharap, Perti dan Pemerintah dapat bersama memajukan pendidikan, bukan hanya bidang agama, tapi juga teknologi, ekonomi dan lainnya. Indonesia, kata JK memiliki kekurangan dalam pengelolaan SDM, meski Indonesia merupakan negara dengan SDA yang melimpah.

“Kelebihan kita adalah SDA tapi kekurangan kita adalah SDM, dan itu kembali pada teknologi, ekonomi, pendidikan. jadi ada kesenjangan yang pelu diatasi dengan semangat kerja yang tinggi dan ilmu pengetahuan,” ujar JK.

Menurut JK, organisasi islam seperti Perti perlu membantu mewujudkan kemajuan bangsa dengan membentuk kelompok yang bersemangat di bidang usaha. Semangat masyarakat untuk maju, lanjut JK merupakan komponen penting dalam kemajuan suatu negara. Karena menurut dia, walaupun pemerintah telah memberikan fasilitas, tapi masyarakatnya malas maka negara itu tidak akan pernah maju.

“Semoga dari Perti dapat menghasilkan langkah yang real, dan tentu pemerintah ikut membantu. dan semoga Perti dapat berkontribusi besar dalam kemajuan bangsa,” harap JK.

Ketua umum PP Perti Basri Bermanda dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang telah menyempatkan hadir untuk meresmikan pembukaan Rakernas. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur provinsi Lampung, Ridho Ficardo yang telah mengizinkan dan memudahkan terlaksananya Rakernas Perti pertama.

“Ini rakernas pertama kita, saya ucapkan terima kasih kepada Pak Wapres yang menyempatkan hadir. Sekaligus kepada Gubernur Lampung yang telah mengizinkan kami menggelar rakernas pertama ini di Lampung,” ujar Basri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement