Kamis 16 Aug 2018 08:20 WIB

Jokowi akan Pidato Tiga Kali di Sidang Tahunan MPR/DPR

Acara akan dimulai pada pukul 09.00 WIB di Gedung Nusantara DPR.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ani Nursalikah
Sidang Tahunan MPR di Gedung Kura Kura Parlemen, Senayan, Rabu (15/8)
Foto: dok. MPR RI
Sidang Tahunan MPR di Gedung Kura Kura Parlemen, Senayan, Rabu (15/8)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI akan kembali digelar Kamis (16/8). Sidang Tahunan terdiri dari tiga rangkaian agenda yakni Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR-DPD RI, dan Sidang penyampaian RAPBN Tahun 2018.

Berdasarkan jadwal sidang, acara akan dimulai pada pukul 09.00 WIB di Gedung Nusantara DPR yang akan diawali dengan rangkaian seremonial pembuka. Selanjutnya, diisi dengan pidato pembukaan sidang tahunan oleh Ketua MPR Zulkilfi Hasan dan pidato Presiden Joko Widodo tentang kinerja lembaga negara.

Rangkaian acara kedua, yakni sidang bersama DPR-DPD akan dilaksanakan pukul 10.40 WIB. Dalam agenda kedua, Ketua DPR Bambang Soesatyo akan berpidato sekaligus membuka sidang paripurna ini.

Presiden Jokowi juga akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia. Acara terakhir adalah pembukaan masa persidangan I DPR RI Tahun 2018-2019.

Dalam sidang paripurna ini, Jokowi akan menyampaikan pidatonya dalam rangka penyampaian RAPBN 2018. Acara diawali pidato Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dan dilanjutkan pidato presiden. Puncaknya, adalah penyerahan RUU tentang APBN Tahun 2018 beserta nota keuangan dan dokumen pendukung kepada Ketua DPR RI.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ اَنْ يَّفْتِنُوْكَ عَنْۢ بَعْضِ مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ اِلَيْكَۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمْ اَنَّمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ اَنْ يُّصِيْبَهُمْ بِبَعْضِ ذُنُوْبِهِمْ ۗوَاِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِ لَفٰسِقُوْنَ
dan hendaklah engkau memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka. Dan waspadalah terhadap mereka, jangan sampai mereka memperdayakan engkau terhadap sebagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah berkehendak menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebagian dosa-dosa mereka. Dan sungguh, kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.

(QS. Al-Ma'idah ayat 49)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement