Jumat 17 Aug 2018 13:54 WIB

HUT RI, BUMN Salurkan Bantuan Rp 4 Miliar ke Sumbar

Bantuan yang diberikan mulai dari kebutuhan dasar masyarakat hingga modal usaha.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Gita Amanda
Program BUMN Hadir untuk Negeri menyambangi Sumbar.
Foto: Sapto Andika Candra/REPUBLIKA
Program BUMN Hadir untuk Negeri menyambangi Sumbar.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Program Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hadir untuk Negeri kali ini menyambangi masyarakat Sumatra Barat (Sumbar). Bertepatan dengan peringatan HUT ke-73 RI, dua BUMN yakni PT Bukit Asam (PTBA) (Persero) Tbk dan PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) menyalurkan bantuan sebesar Rp 4 miliar kepada warga Sumbar.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah, menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan merupakan kebutuhan dasar masyarakat, terutama pendidikan, perumahan, dan modal usaha. Mereka menyalurkan bantuan dalam beberapa bentuk, mulai dari Siswa Mengenal Nusantara (SMN) hingga perbaikan fasilitas publik.

"Walau secara operasional, PTBA dan BGR tak banyak di Sumbar. Tapi, BUMN tidak akan meninggalkan daerah operasinya," jelas Edwin usai memimpin upacara kemerdekaan di Istano Basa Pagaruyung, Jumat (17/8).

Dirut PTBA Arviyan Arifin menyebutkan, bantuan yang diberikan antara lain adalah beasiswa senilai Rp 150 juta untuk 30 orang siswa SD, SMP, derta SMA di Kota Sawahlunto dan Kabupaten Solok Selatan. Selain itu, bantuan juga disalurkan untuk pembangunan pengairan irigasi sawah di Kecamatan Talawi senilai Rp 1,2 miliar.

photo
PTBA dan BGR memberikan bantuan beasiswa untuk anak-anak di Sumbar.

Bantuan dari dua BUMN juga ditujukan untuk penyediaan elektrifikasi 50 rumah dan 50 MCK senilai Rp 1 miliar. Selanjutnya, bedah 10 unit rumah karyawan dan masyarakat senilai Rp 500 juta. Ada juga bantuan penyediaan air bersih Rp 400 juta dan bantuan program padat karya Rp 60 juta.

Selain itu, PTBA dan BGR juga melakukan perbaikan sarana prasarana SDN 29 Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto dan SDN O3 Pekonina, Solok Selatan. "Kami juga bangun taman baca di rumah kreatif lapangan Segitiga, Sawahlunto dan taman baca rumah pintar di Solok Selatan," kata Dirut PTBA, Arviyan Arifin.

Selain itu, Arviyan melanjutkan, banyak lagi bantuan dan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang akan digelar sampai Sabtu (18/8) mendatang. Deretan rangkaian kegiatan tersebut tak lain untuk menghadirkan BUMN di tengah masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement