Sabtu 18 Aug 2018 04:47 WIB

Sambut Kemerdekaan, KemenLHK Ajak Pemuda Tanam Mangrove

Mangrove bisa mencegah intrusi air laut khususnya di wilayah DKI Jakarta

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menggelar kegiatan penanaman Mangrove yang dipimpin  Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL), Ida Bagus Putera Parthama,
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menggelar kegiatan penanaman Mangrove yang dipimpin Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL), Ida Bagus Putera Parthama,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menggelar kegiatan penanaman Mangrove yang melibatkan generasi muda. Penanaman ini dalam rangka memperingati kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia.

Penanaman ini sekaligus memperingati Hari Mangrove Internasional yang jatuh pada setiap tanggal 26 Juli setiap tahunnya. Penanaman ini dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL), Ida Bagus Putera Parthama, yang dihadiri 200 peserta  dari Pramuka Saka Wanabakti, Karang Taruna Wana Wistara dan anak-anak binaan Yayasan Sahabat Anak. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Blok Elang Laut, Kawasan Pantai Indah Kapuk Jakarta, di pagi hari, setelah melaksanakan upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia (17/8). Dalam aksi ini sebanyak 800 batang mangrove ditanam dengan melibatkan anak-anak dari berbagai kalangan. 

Putera menyatakan, Indonesia adalah salah satu pemilik hutan mangrove terbesar di dunia, sehingga merupakan satu keharusan untuk terus menjaganya agar tidak rusak.

“Pagi ini kita melakukan suatu kegiatan yang sederhana tapi penting, karena kita akan melakukan upaya penyelamatan mangrove. Saya berharap generasi muda yang hadir disini dapat melanjutkan kegiatan ini dan menyosialisasikan pada sahabat muda lainnya dan menjadi satu karunia lestari yang dapat bermanfaat hingga anak-cucu kita nanti,“ kata Putera berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id.

Mangrove mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan. Mangrove dapat menjadi penahan abrasi dan tsunami. Akar mangrove dapat menangkap endapan dan membersihkan kandungan zat-zat kimia dari air yang datang sehingga tidak mencemari laut.

Lebih penting lagi, mangrove dapat mencegah intrusi air laut terlebih untuk wilayah DKI Jakarta yang air sumurnya terasa sangat asin dan menjadi tujuan wisata mangrove. Namun tantangan terbesarnya selain menjadi tempat pembijahan ikan, disisi lain perikanan juga menjadi salah satu sebab rusaknya mangrove karena diubah menjadi tambak.

“ Ini paradoks karena di perikanan tentu mengharapkan produksi meningkat, sedang apabila mangrove hilang produksi ikan akan turun. Karena itu dibutuhkan koordinasi lintas sektor terkait untuk bersama menyelamatan wilayah mangrove ini, “ ucap Putera.

Indonesia memiliki lebih kurang 4 juta hektar hutan mangrove, ironinya sebagian diantaranya telah rusak. Karena itu dibutuhkan kesadaran bersama menjaga mangrove yang sangat penting manfaatnya ini. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَلَمَّا فَصَلَ طَالُوْتُ بِالْجُنُوْدِ قَالَ اِنَّ اللّٰهَ مُبْتَلِيْكُمْ بِنَهَرٍۚ فَمَنْ شَرِبَ مِنْهُ فَلَيْسَ مِنِّيْۚ وَمَنْ لَّمْ يَطْعَمْهُ فَاِنَّهٗ مِنِّيْٓ اِلَّا مَنِ اغْتَرَفَ غُرْفَةً ۢبِيَدِهٖ ۚ فَشَرِبُوْا مِنْهُ اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْهُمْ ۗ فَلَمَّا جَاوَزَهٗ هُوَ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۙ قَالُوْا لَا طَاقَةَ لَنَا الْيَوْمَ بِجَالُوْتَ وَجُنُوْدِهٖ ۗ قَالَ الَّذِيْنَ يَظُنُّوْنَ اَنَّهُمْ مُّلٰقُوا اللّٰهِ ۙ كَمْ مِّنْ فِئَةٍ قَلِيْلَةٍ غَلَبَتْ فِئَةً كَثِيْرَةً ۢبِاِذْنِ اللّٰهِ ۗ وَاللّٰهُ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ
Maka ketika Talut membawa bala tentaranya, dia berkata, “Allah akan menguji kamu dengan sebuah sungai. Maka barangsiapa meminum (airnya), dia bukanlah pengikutku. Dan barangsiapa tidak meminumnya, maka dia adalah pengikutku kecuali menciduk seciduk dengan tangan.” Tetapi mereka meminumnya kecuali sebagian kecil di antara mereka. Ketika dia (Talut) dan orang-orang yang beriman bersamanya menyeberangi sungai itu, mereka berkata, “Kami tidak kuat lagi pada hari ini melawan Jalut dan bala tentaranya.” Mereka yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah berkata, “Betapa banyak kelompok kecil mengalahkan kelompok besar dengan izin Allah.” Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.

(QS. Al-Baqarah ayat 249)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement