Sabtu 18 Aug 2018 12:51 WIB

Ada Video Mapping di Monas, DKI Antisipasi Kemacetan

Video mapping merupakan teknik untuk memproyeksikan video pada permukaan datar.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Ratna Puspita
Pengunjung menyaksikan pertunjukan perdana
Foto: ANTARA FOTO
Pengunjung menyaksikan pertunjukan perdana "video mapping" di Tugu Monas, Jakarta, Senin (13/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro mengatakan akan mengantisipasi penumpukan kendaraan atak kemacetan ketika pertunjukan video mapping Monumen Nasional (Monas), Sabtu (18/8) malam ini. Antisipasi di antaranya dilakukan lewat koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta. 

Asiantoro mengatakan antisipasi perlu dilakukan karena kemungkinan masyarakat yang datang nanti malam lebih banyak dibandingkan Jumat (17/8) kemarin. Ia mengatakan akan berkoordinasi dengan Dishub untuk kemungkinan penambahan personel untuk pengaturan lalu lintas. 

“Sebetulnya Dishub pada Jumat malam juga datang. Nanti kami koordinasi dengan bidang operasionalnya untuk mengantisipasi (penumpukan) pada malam ini,” kata Asiantoro kepada Republika.co.id, Sabtu (18/8).

Asiantoro mengakui terjadi penumpukan kendaraan di sekitar Monas pada pertunjukan, Jumat kemarin. Ia mengatakan, penumpukan kendaraan itu karena dua hal, yakni adanya masyarakat yang hendak menonton pertunjukkan video mapping di Monas dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 RI di Istana Negara. 

Menurutnya, bus-bus yang mengangkut tamu-tamu HUT ke-73 RI menyebabkan penumpukan di pintu masuk IRTI. Kendati demikian, ia menambahkan, situasi lalu lintas ketika itu masih terkendali karena penumpukan hanya terjadi di puntu masuk IRTI. 

“Kalau masuk ke dalam, itu masih banyak space-space kosong yang bisa diisi lagi,” kata dia. 

Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin menonton video mapping di Monas untuk tak melulu masuk melalui pintu masuk IRTI yang ada di Jalan Medan Merdeka Selatan. Dia menyarankan masyarakat untuk masuk melalui pintu lain seperti Pintu Thamrin yang dekat dengan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

“Mudah-mudahan masyarakat tetap terakomodasi. Jadi jangan terlalu berlebih juga. Yang penting masyarakat bisa nyaman,” kata Asiantoro. 

Video mapping merupakan teknik untuk memproyeksikan video pada permukaan datar. Permukaan datar yang menjadi area proyeksi dari video mapping ini bisa  berupa dinding, layar, bangunan, dan objek tiga dimensi. 

Di Monas, warga bisa menyaksikan proyeksi dari video di badan tugu. Proyeksi, misalnya, terkait dengan perhelatan Asian Games yang akan dibuka pada Sabtu malam ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement