Jumat 24 Aug 2018 16:27 WIB

Menelusuri Lokasi Pembuatan Film Hollywood di Dubai

Di Mission Impossible 2011 gedung ikonik Dubai jadi pusat perhatian.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Seorang pria mengambil foto bangunan ikonik Dubai Burj Khalifa.
Foto: EPA
Seorang pria mengambil foto bangunan ikonik Dubai Burj Khalifa.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Dubai adalah salah satu kota di Uni Emirat Arab  (UEA) yang beberapa kali dijadikan latar pembuatan film internasional. Berkat gedung pencakar langit yang futuristik, istana kerajaan, dan padang gurun yang mengagumkan membuat pelaku industri hiburan mengincarnya sebagai lokasi syuting yang menarik.

Film dan video musik apa saja yang pernah mengambil latar di Dubai? Berikut beberapa lokasinya sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Dubai Tourism.

Pertama adalah film Star Trek Beyond yang tayang pada 2016 silam. Syuting mengambil lokasi di Downtown and Jumeirah Lake Towers. Film blockbuster fiksi-ilmiah ini memulai syuting di Dubai pada Juli 2015.

Produser Jeffrey Chernov mengatakan Dubai menjadi pilihan utama demi menyesuaikan kebutuhan untuk “dunia masa depan” mereka, dengan Federasi Starbase yang dikenal sebagai YorkTown, yang ditemukan oleh kru Starship Enterprise dalam perjalanan intergalaksi mereka. Bertepatan dengan ulang tahun ke-50 dari seri orisinal Star Trek, pemutaran perdana pada 2016 menampilkan landmark terbesar Dubai ke hadapan dunia.

Bagi para Trekkie, sebutan bagi para penggemar Star Trek, wisatawan perlu mengunjungi Jumeirah Lake Towers dan Downtown Burj Khalifa. Di sana pengunjung dapat melihat tatanan kota masa depan di dunia nyata.

Di area Jumeirah Lakes, terdapat bangunan freehold mixed-use yang terletak di dekat Dubai Marina dan Jumeirah Heights. Area ini terdiri dari 87 menara di sekitar empat danau buatan.

Blockbuster selanjutnya yang melakukan syuting di Dubai adalah Mission Impossible: Ghost Protocol (2011). Di Burj Khalifa, pengunjung bisa merasakan sensasi mendebarkan yang dirasakan oleh karakter Ethan Hunt yang diperankan Tom Cruise di dalam film ini. Dalam satu adegan, Ethan Hunt pernah tergantung di Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia, dengan tinggi 829,84 meter.

Pengambilan gambar dalam aksi di Burj membutuhkan waktu 23 hari dan sekitar 400 anggota kru untuk memastikan bahwa Tom Cruise, yang bersikeras melakukan aksinya sendiri, tetap aman selama proses pengambilan gambar. Keindahan The Burj Khalifa dapat dinikmati dari kedua dek observasi. Pengunjung bisa memilih menikmati pemandangan dari lantai 124 dan 125 atau dari dek observasi tertinggi dunia (555 meter) di lantai 148.

Tidak hanya itu, wisatawan juga disuguhi pengalaman virtual reality (VR). VR bernama Mission 828 adalah sebuah simulasi parachute-jump dari Burj Khalifa ke The Dubai Fountain yang berdurasi empat menit. Melalui pengalaman ini, kita dapat merasakan bagaimana berpetualang dengan mendaki dan menuruni gedung ini.

Terakhir adalah film Syriana yang berlokasi di Duabi Dessert. Film yang rilis pada 2005 lalu tersebut dibintangi oleh George Clooney dan Matt Damon. Syuting diambil di 15 lokasi yang berbeda, termasuk Amerika Serikat, Maroko, Mesir, Swiss, dan padang pasir Dubai.

Jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih menarik, pengunjung bisa melihat dan bertemu dengan satwa liar khas gurun di malam hari melalui Dubai Desert Conservation Reserve, dilengkapi dengan lampu sorot dan teropong malam. Pengunjung dapat menjelajahi gurun di malam hari, mencari kalajengking, dan mengakhiri malam dengan melihat astronomi bintang sambil ditemani secangkir cokelat panas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement