Rabu 05 Sep 2018 22:30 WIB

Dubes Rusia Puji Keberhasilan Indonesia Gelar Asian Games

Rusia menjadi salah satu negara yang membantu pembangunan GBK.

Red: Israr Itah
Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Rusia memuji keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan perhelatan multi cabang terbesar kedua di dunia, Asian Games 2018. Perhelatan ini digelar di Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat pada 18 Agustus hingga 2 September lalu.

"Selamat untuk kesuksesan Asian Games dan semoga capaian ini menjadi bekal untuk Olimpiade di Tokyo yang akan datang," kata Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva dalam konferensi pers di kediaman Duta Besar Rusia di Jakarta, Rabu (5/9).

Dalam kesempatan itu, Dubes Vorobieva juga menyampaikan kebanggaan Rusia bahwa sebagian besar pertandingan, termasuk upacara pembukaan dan penutupan, Asian Games ke-18 dilakukan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Rusia menjadi salah satu negara yang membantu pembangunan GBK pada masa itu.

"Seandainya Rusia juga bagian dari kawasan Asia, tentu kami sudah ikut bertanding. Tapi itu tidak mungkin karena kami bagian dari Eropa," kata dia yang diikuti gelak tawa.

"Melihat kesuksesan ini, kami berharap Indonesia berhasil dalam pencalonan sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas 2032," lanjut Vorobieva.

Selain menyampaikan selamat untuk kesuksesan Asian Games, ia juga mengapresiasi penyelenggaraan Festival Indonesia 2018 di Moskow pada 3-5 Agustus lalu. Vorobieva menyempatkan diri untuk hadir di Festival Indonesia. Sebab saat itu ia tengah kembali ke Rusia untuk menghadiri pertemuan perwakilan Rusia di luar negeri dan pernikahan putrinya.

"Festival Indonesia di Moskow merupakan salah satu acara penting yang menghubungkan kedua negara. Saya ucapkan selamat untuk Kedutaan Besar RI di Moskow dan Dubes Wahid Supriyadi yang telah sukses menyelenggarakan acara semeriah itu yang dihadiri lebih dari 14 ribu orang," katanya.

Vorobieva menambahkan, ia menyaksikan sendiri suasana yang sangat Indonesia melalui penampilan para musisi dan penari. Festival itu juga menyajikan ragam masakan Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement