Rabu 19 Sep 2018 21:01 WIB

Stadion Wibawa Mukti Ditargetkan Jadi Markas Tim Nasional

Stadion berkapasitas 28 ribu penonton itu dinilai memiliki lokasi yang strategis

Red: Hazliansyah
Pesepakbola timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan melawan timnas Mauritius di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/9).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pesepakbola timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan melawan timnas Mauritius di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/9).

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG, BEKASI -- Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat segera membenahi Stadion Wibawa Mukti di Kelurahan Sertajaya Kecamatan Cikarang Timur. Stadion berkapasitas 28.000 penonton itu ditargetkan menjadi markas tim nasional Indonesia.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Denny Rusnandi, mengatakan, pembenahan tersebut bakal dilakukan tahun ini setelah anggarannya disetujui.

"Memang stadion akan kami lakukan penataan lagi agar lebih cantik. Anggarannya sudah ada, dialokasikan dari APBD 2018 dan siap dikerjakan," kata Denny, Rabu (19/9).

Pembenahan dilakukan dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi 2018 sebesar Rp 11,48 miliar di 16 titik. Mulai dari penyempurnaan tribun barat dan timur, serta lapangan parkir.

Selama ini, lokasi parkir yang minim menjadi salah satu kelemahan stadion yang berdiri sejak 2014 ini.

Denny menjelaskan pembenahan difokuskan pada tribun timur lantaran kondisinya terutama lantai yang kurang memadai. Lantai masih berupa beton dan belum dilapisi keramik sehingga menimbulkan debu.

"Karena saat ini kondisinya berdebu. Maka dari itu nanti lantainya akan dikeramik. Ya kami rapihkan. Kami telah telaah, keramiknya yang kuat sehingga tak akan cepat rusak. Tapi bukan di tribun, melainkan di ruangan yang menjadi akses menuju tribun," katanya.

Selain itu pembenahan juga akan dilakukan di lapangan parkir yakni di lapangan parkir utama, penataan parkir di area panjat tebing, serta penataan lapangan parkir II.

"Kami juga menganggarkan penambahan tenaga keamanan di sekitar komplek stadion," katanya.

Denny menambahkan pembenahan ini karena Stadion Wibawa Mukti dipersiapkan menjadi salah satu lokasi digelarnya pertandingan internasional tim Indonesia.

"Stadion kita dipilih karena lokasinya yang dianggap strategis, dekat dengan DKI Jakarta serta dapat dijangkau menggunakan tol. Apalagi kita juga punya akses kereta commuter line," katanya.

Tidak hanya itu, pembenahan Stadion Wibawa Mukti pun dinilai dapat meningkatkan nilai dari stadion itu sendiri.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement