Kamis 27 Sep 2018 11:26 WIB

Anak dari Ibu Rumah Tangga dan Ibu Bekerja Sama-Sama Bahagia

Banyak ibu bekerja merasa bersalah karena meninggalkan anak.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ibu bekerja/ilustrasi
Foto: Sheknows.com
Ibu bekerja/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pilihan menjadi ibu rumah tangga atau ibu bekerja terus menjadi retorika dan perdebatan panjang dari waktu ke waktu. Sebuah survei yang diterbitkan dalam Jurnal Work, Employment, and Society menunjukkan anak-anak yang dibesarkan oleh ibu rumah tangga sama bahagia dan sama baiknya dnegan ibu bekerja.

"Temuan ini semakin menghapus stigma negatif bahwa ibu bekerja berpengaruh negatif pada anak dan keluarganya," tulis penelitian tersebut dilansir dari Pop Sugar, Kamis (27/9).

Survei dilakukan terhadap 100 ribu pria dan wanita di 29 negara Amerika. Ibu bekerja cenderung merasa bersalah karena jauh dari anak dan tidak menghabiskan banyak waktu bersama keluarga.

Temuan ini menyimpulkan ada manfaat tak terhitung jumlahnya bagi anak yang dibesarkan seorang ibu bekerja. Anak perempuan misalnya, secara khusus bisa menyelesaikan pendidikannya lebih cepat, memiliki banyak peluang baik di dunia kerja, bahkan memperoleh penghasilan lebih tinggi saat dewasa.

Anak-anak dari ibu rumah tangga dan ibu bekerja dilaporkan sama bahagianya saat dewasa. Hal yang ditegaskan adalah tidak peduli Anda seorang ibu rumah tangga yang setiap hari di rumah atau pun ibu bekerja, dalam kondisi apapun Anda harus berusaha menyeimbangkan diri dan tetap memprioritaskan keluarga, khususnya anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement