Kamis 04 Oct 2018 05:00 WIB

Vitamin B Tingkatkan Fungsi Ginjal Bagi Penderita Diabetes

Studi khasiat vitamin B itu melibatkan 100 orang peserta.

Rep: Deddy Darmawan/ Red: Muhammad Hafil
Diabetes pada anak
Foto: republika
Diabetes pada anak

REPUBLIKA.CO.ID,  ISLAMABAD -- Remaja penderita diabetes tipe-1 dapat mengambil manfaat dari suplemen Vitamin B untuk meringankan penyakit yang diderita. Dilansir dari The News, Kamis (4/10),  vitamin B terbukti mampu meningkatkan fungsi ginjal melalui perlindungan terhadap perkembangan penyakit ginjal.

Temuan tersebut merupakan buah dari penelitian yang dilakukan oleh akademisi dari Universitas Syams Karo, Nancy Samir Elbarbary. Menurut dia, dari penelitian yang ia lakukan, suplemen vitamin B selain berguna untuk terapi penghambat enzim angiotensin converting juga menjadi strategi dini agar fungsi ginjal tetap maksimal.

 “Ini mungkin merupakan strategi yang sederhana, aman dan hemat biaya untuk intervensi dini bagi para anak muda penderita ginjal,” kata Nancy.

Ia menjelaskan, hasil studinya tersebut telah dipresentasikan pada pertemuan Perhimpunan Masyarakat Eropa ke-75 khususnya untuk Pertemuan Endokrinologi anak. Nancy pun memaparkan studi akan khasiat suplemen vitamin B itu telah melibatkan 100 orang peserta yang mengalami kekurangan vitamin B12 dan sedang mengalami diabetes ketika di usia 12-18 tahun.

Nancy kemudian melakukan pengamatan selama 12 minggu kepada peserta yang tidak diberi suplemen B dengan diberi suplemen. “Hasilnya, anak-anak mendapat suplemen yang menunjukkan perubahan signifikan,” tuturnya.

Kendati demikian, ia mengakui bahwa studi yang dia sendiri lakukan masih relatif kecil. Masih dibutuhkan studi lanjutkan untuk lebih bisa memastikan khasiat vitamin B yang sebenarnya. “Temuan ini masih perlu dikonfirmasi dalam uji coba acak yang lebih besar," kata Elbarbary.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement