Ahad 14 Oct 2018 20:22 WIB

Polres Garut Tidak Temukan Grup Media Sosial 'Gay' Pelajar

Polisi meminta masyarakat tidak resah dengan info viralnya grup medsos tersebut

Red: Hazliansyah
Usulan pemerintah atas Pasal LGBT di revisi UU KUHP
Foto: republika
Usulan pemerintah atas Pasal LGBT di revisi UU KUHP

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna menyatakan berdasar hasil penyelidikan tidak ditemukan grup media sosial Facebook "gay" pelajar di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ia meminta masyarakat agar tidak resah dengan informasi yang tidak benar.

"Masyarakat agar tidak resah info terkait dengan viral tentang 'gay' atau LGBT, sudah polisi patahkan (tidak ada)," kata Budi, Ahad (14/10).

Grup medsos "gay" pelajar di Garut, kata Budi, hasil penyelidikan jajarannya tidak ada grup tersebut. "Hasilnya, ya, tidak ada grup itu," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa grup medos yang menggemparkan masyarakat Garut itu hasil penelusuran dibuat sejak 2013 tetapi tidak menamakan "gay".

Selanjutnya, grup medsos itu ditemukan hanya kumpulan anak-anak SMP dan SMA di Garut, bukan kelompok "gay".

"Grup itu sudah ada sejak 2013, pasif sejak 2015, kemudian pada tahun 2016 muncul lagi, berubah namanya, hingga akhirnya sekarang muncul nama 'gay'," katanya.

Ia menegaskan bahwa jajarannya akan mengungkap siapa pelaku yang mengubah nama grup medsos tersebut sehingga menjadi nama "gay" pelajar Garut.

Menurut dia, sebutan nama "gay" di medsos ternyata bukan hanya di Garut, melainkan terjadi di beberapa daerah lain, Bahkan jumlah anggotanya lebih banyak.

"Untuk itu, kami proses hukumnya, dan akan kami kejar siapa yang membuatnya," kata Budi.

Sebelumnya, masyarakat Kabupaten Garut dan sejumlah tokoh pendidikan mengaku resah dengan munculnya grup Facebook "gay" SMP dan SMA di Garut.

Kepolisian dan pemerintah daerah langsung melakukan upaya untuk mengungkap grup tersebut, bahkan Dinas Pendidikan Garut dan para guru, termasuk siswanya, mendeklarasikan menolak LGBT di Garut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement