Ahad 21 Oct 2018 17:15 WIB

Ajang 'Indonesia Menari 2018' Hadir di Empat Kota

Kegiatan ini mendekatkan masyarakat dengan tari tradisional yang dikemas modern

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Hazliansyah
Sejumlah penari membawakan tarian kolaborasi modern dan tradisional dalam Flashmob Indonesia Menari 2018 pada Car Free Day, di Dago, Bandung, Jawa Barat, Ahad (14/10).
Foto: Antara/Novrian Arbi
Sejumlah penari membawakan tarian kolaborasi modern dan tradisional dalam Flashmob Indonesia Menari 2018 pada Car Free Day, di Dago, Bandung, Jawa Barat, Ahad (14/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menghadirkan ajang "Indonesia Menari 2018". Kegiatan yang bertujuan mendekatkan masyarakat Indonesia dengan tarian tradisional dalam kemasan modern itu digelar pada 11 November 2018 di empat kota besar.

Tahun lalu, "Indonesia Menari 2017" diadakan serempak di Jakarta, Bandung, dan Solo. Kini ajang yang sama bakal hadir di Grand Indonesia Jakarta, 23 Paskal Bandung, Mall The Park Solo, dan Taman Indonesia Kaya Semarang.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian menargetkan partisipasi 4.500 peserta. Peserta bisa terdiri dari perorangan, komunitas, sanggar tari, juga pelajar dan mahasiswa. Acara tahunan sejak 2012 itu menawarkan total hadiah Rp 300 juta.

"Kami berharap 'Indonesia Menari 2018' semakin menginspirasi masyarakat, khususnya generasi, muda untuk mencintai ragam musik dan tarian daerah," ujar Renitasari pada rilis pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (21/10).

Peserta akan melakukan tarian massal berdurasi empat menit. Seluruh gerakan dikonsep oleh penari Ufa Sofura yang juga dipercaya menjadi koreografer acara resepsi host country pertemuan tahunan 2018 International Monetary Fund (IMF) silam.

"Saya menggabungkan unsur-unsur tradisional dan modern dalam setiap gerakan dan mengemasnya dengan gerak-gerakan yang lebih energik untuk koreografer sehingga memberikan warna baru bagi Indonesia Menari 2018," kata Ufa.

(baca juga: Raisa Ingin Tinggalkan Sejenak Dunia Musik)

Pendaftaran "Indonesia Menari 2018" telah dibuka sejak 25 September 2018 hingga 4 November 2018 atau hingga target kuota terpenuhi, tanpa dipungut biaya. Syarat dan ketentuan peserta serta tutorial gerakan bisa diakses melalui situs resmi "Indonesia Menari 2018".

Tarian akan diiringi musik yang diaransemen Pongky Prasetyo. Musik tersebut menggabungkan lagu daerah "Soleram" Riau, "Ampar-Ampar Pisang" (Kalimantan Selatan), "Cublak-Cublak Suweng" (Jawa Tengah), dan "Yamko Rambe Yamko" (Papua).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ قَالَتْ رُسُلُهُمْ اَفِى اللّٰهِ شَكٌّ فَاطِرِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ يَدْعُوْكُمْ لِيَغْفِرَ لَكُمْ مِّنْ ذُنُوْبِكُمْ وَيُؤَخِّرَكُمْ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّىۗ قَالُوْٓا اِنْ اَنْتُمْ اِلَّا بَشَرٌ مِّثْلُنَا ۗ تُرِيْدُوْنَ اَنْ تَصُدُّوْنَا عَمَّا كَانَ يَعْبُدُ اٰبَاۤؤُنَا فَأْتُوْنَا بِسُلْطٰنٍ مُّبِيْنٍ
Rasul-rasul mereka berkata, “Apakah ada keraguan terhadap Allah, Pencipta langit dan bumi? Dia menyeru kamu (untuk beriman) agar Dia mengampuni sebagian dosa-dosamu dan menangguhkan (siksaan)mu sampai waktu yang ditentukan?” Mereka berkata, “Kamu hanyalah manusia seperti kami juga. Kamu ingin menghalangi kami (menyembah) apa yang dari dahulu disembah nenek moyang kami, karena itu datangkanlah kepada kami bukti yang nyata.”

(QS. Ibrahim ayat 10)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement