Selasa 23 Oct 2018 09:02 WIB

Pertama Kali, Saudi Gelar Kompetisi Bela Diri Perempuan

Antusiasme perempuan terhadap bela diri marak tiga bulan terakhir.

Red: Nashih Nashrullah
Perempuan Saudi tengah berlatih bela diri
Foto: Asharq al-Awsat
Perempuan Saudi tengah berlatih bela diri

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH— Jika sebelumnya Arab Saudi menggelar kompetisi bowling pertama untuk perempuan dan balap mobil Agustus lalu, kini, giliran kompetisi cabang olah raga bela diri akan dihelat perdana dalam sejarah Saudi. 

Laga yang rencana digelar November mendatang di Jeddah itu diikuti kurang lebih 40 petarung perempuan. Antusiasme ini tak terlepas dari maraknya latihan-latihan bela diri beberapa bulan belakangan ini di sejumlah klub-klub olah raga. 

Menurut salah satu pelatih bela diri, Muhammad Abbas, sejak klub olah raga tempat dia bekerja membuka pendaftaran latihan bela diri, para remaja putri dengan umur kisaran 18 berbondong-bondong mendaftarkan diri. ”Kompetisi semacam ini tentu memotivasi mereka lebih giat lagi berlatih,” tutur dia. 

Marwah al-Amudi, yang juga pelatih bela diri mengatakan animo kalangan perempuan terhadap cabang olah raga ini sangat besar. Berbagai seni bela diri seperti karate, taekwondo, jujitsu, kick boxing, banyak bermunculan dan mendapat respons positif kalangan perempuan.   

  

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ
Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.

(QS. Al-Baqarah ayat 222)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement