Kamis 25 Oct 2018 12:50 WIB

Mekaki Marathon 2018 Siap Digelar 28 Oktober

Ajang ini diharpkan dapat meningkatkan dan pengembangan pariwisata Lombok Barat

Red: Hazliansyah
Pantai Teluk Mekaki
Foto: Republika/ Wihdan
Pantai Teluk Mekaki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Lombok Barat didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersiap menggelar ajang Blibli Mekaki Marathon 2018 yang akan digelar pada 28 Oktober 2018 mendatang. Kegiatan yang memadukan olahraga lari dengan pariwisata ini diharapkan dapat meningkatkan sekaligus mengembangkan sektor pariwisata di Lombok Barat, dan Nusa Tenggara Barat (NTB) pada umumnya.

"Event tahun lalu memberikan dampak besar terhadap pengembangan wisata di kawasan Sekotong Lombok Barat. Selain menumbuhkan ekonomi masyarakat, juga adanya perbaikan infrastruktur wisata, serta tumbuhnya kesadaran masyarakat setempat terhadap sektor pariwisata," ujar Fauzan Khalid, Bupati Lombok Barat dalam keterangan tertulis, Kamis (25/10).

Pantai Mekaki merupakan salah satu pantai yang indah di Sekotong, Lombok Barat. Di ajang lari internasional ini, para peserta tidak hanya diajak berolahraga lari tapi juga sekaligus menikmati suasana alam dan keindahan Pantai Mekaki.

Fauzan mengatakan, pemerintah Lombok Barat berharap melalui adanya event ini masyarakat Lombok, khususnya Lombok Barat dapat bangkit kembali pasca dirundung duka akibat gempa.

(baca juga: Lombok Barat Luncurkan Mekaki Marathon 2018)

"Pariwisata, ekonomi dan mental masyarakat Lombok kita harapkan dapat kembali bangkit dan menunjukkan semangat tidak menyerah melalui event ini," ujar Fauzan.

Lomba lari marathon ini dibagi dalam dua kategori, yakni Full marathon 10K putra putri dan marathon 5K putra dan putri.

"Start dan Finish di Pantai mekaki, untuk yang 5k akan berputar di Bukit Pandang, sedangkan yang 10K akan berputar di Pelangan. Para peserta marathon selain lain akan menguji ketahanan fisik mereka, juga sebagai kesempatan bagi peserta untuk mengeksplorasi lebih jauh akan keindahan alam di sekitar Pantai Mekaki," ujarnya.

Kabid Pemasaran Area II Regional III di Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Hendry Noviardi mengatakan, di ajang ini panitia menargetkan 1.500 peserta dari kalangan penggiat dan komunitas olahraga lari, wisatawan, dan masyarakat umum

"Seperti pelaksanaan tahun lalu, tidak hanya peserta dari dalam negeri, kita berharap peserta mancanegara juga turun dalam ajang lomba ini. Tahun lalu, peserta dari Inggris, Italia dan jerman turut serta," kata Hendri.

(baca juga: Mekaki Marathon 2018 Bangkitkan Semangat Masyarakat Lombok)

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Ricky Fauzi berharap ajang ini semakin menguatkan popularitas Pantai Mekaki di Lombok Barat ini sebagai destinasi sport tourism kelas dunia.

"Even ini tentunya akan memberikan dampak positif berupa media value yang tinggi serta direct tourism economic yang besar," ujarnya

Ajang ini, juga akan dioptimalkan untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) ke destinasi lombok Barat dan sekaligus mendukung Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia yang tahun ini menargetkan kedatangan 17 juta wisman serta menggerakkan perjalanan 270 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, juga menyambut baik even Blibli Mekaki Marathon 2018 ini

"Event sport tourism lomba lari marathon jarak pendek 10K dan 5 K saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia. Tinggal bagaimana kita bisa berikan sebuah penawaran yang baik buat para pelari. Penawaran yang tentunya sulit untuk mereka tolak. Lombok sudah memiliki semuanya. Tinggal bagaimana mengemas paket-paket wisatanya untuk semakin menarik mereka datang ke Lombok, berlari sekaligus berwisata," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement