Rabu 31 Oct 2018 16:54 WIB

Revitalisasi Trotoar Kotabaru Ditarget Rampung Desember

Revitalisasi trotoar dan boulevard Kotabaru ini dilakukan sejak awal Juli 2018.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Pengukuran pedestrian kotabaru.
Foto: Nico Kurnia Jati.
Pengukuran pedestrian kotabaru.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota Yogyakarta terus mempercepat penyelesaian revitalisasi trotoar dan boulevard di kawasan cagar budaya Kotabaru. Penyelesaiannya pun sudah hampir rampung dan ditargetkan selesai pada pertengahan Desember 2018.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta, Umi Akhsanti, menuturkan secara kontrak memang proses pengerjaan revitalisasi tersebut harus selesai pada 23 Desember untuk trotoar dan 24 Desember untuk pengerjaan boulevard. Namun, ia optimistis pengerjaan tersebut dapat diselesaikan sebelum tenggat waktu yang ditetapkan.

"Kalau pedestrian kira-kira sudah 80 persen untuk kiri dan kanan jalan. Kalau untuk boulevardnya kira-kira sudah 40 persen dan saat ini untuk kiri kanan itu masih kita kerjakan," kata Umi, kepada Republika.co.id.

Saat ini, pengerjaan yang masih tersisa yaitu pembangunan crossing. Pembangunan crossing ini juga dilengkapi untuk penyeberangan bagi penyandang disabilitas.

"Kalau crossing itu nanti mereka yang pakai kursi roda juga bisa menyeberang. Kan biasanya kalau kursi roda susah karena enggak ada turunannya (dari trotoar menuju jalan), kalau sekarang sudah ada. Biasanya kalau pedestrian yang lama kan naik dia, kira-kira 15 centimeter," jelasnya.

Revitalisasi trotoar dan boulevard Kotabaru ini dilakukan sejak awal Juli 2018.  Pembangunannya tidak menggunakan APBD, namun menggunakan Dana Keistimewaan DIY. Total Rp 11, 5 miliar yang dikucurkan untuk revitalisasi ini, dengan rincian untuk trotoar dianggarkan sebesar Rp 9,5 miliar dan Rp 2 miliar untuk boulevard.

Lebar trotoar yang direvitaslisai sendiri mencapai 2,5 meter. Sementara panjangnya mencapai 500 meter untuk tiap sisi kiri dan sisi kanan trotoar. Untuk boulevard sendiri, ada empat bpulevard yang dibangun. Tiap boulevard akan dilengkapi dengan taman kecil yang diisi dengan tanaman perdu.

Walaupun begitu, masih ada beberapa hambatan yang terjadi selama proses pengerjaan dilakukan. Namun, ia tetap optimistis akan tetap selesai bahkan sebelum target yang ditetapkan.

"Kalau secara kontrak memang ditargetkan akhir Desember. Tapi kalau secara pengerjaan insya Allah kita bisa selesaikan pertengahan Desember," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement