Ahad 18 Nov 2018 12:50 WIB

Genjot Pariwisata, Jabar Buat Dua Aplikasi Wisata

Dua aplikasi akan mempermudah wisatawan dalam merencanakan perjalanan ke Jawa Barat

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hazliansyah
engunjung berkeliling di destinasi wisata budaya Teras Sunda, Cibiru, Bandung, Jawa Barat, Kamis (1/11/2018). Teras Sunda dibangun menghabiskan biaya anggaran sekitar Rp7,9 miliar dan akan menjadi pusat pengembangan seni dan budaya serta destinasi baru wisata di Kota Bandung.
Foto: M Agung Rajasa/Antara
engunjung berkeliling di destinasi wisata budaya Teras Sunda, Cibiru, Bandung, Jawa Barat, Kamis (1/11/2018). Teras Sunda dibangun menghabiskan biaya anggaran sekitar Rp7,9 miliar dan akan menjadi pusat pengembangan seni dan budaya serta destinasi baru wisata di Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bertekad menjadikan Jabar sebagai provinsi wisata terbaik tahun depan. Untuk mempermudah wisatawan dalam berwisata, Pemprov meluncurkan aplikasi Gurilaps.com dan wonderfulwestjava.com.

Ditargetkan 100 juta wisatawan bisa berkunjung ke Jabar dalam waktu lima tahun ke depan. Saat ini, tingkat kunjungan wisatawan ke Jabar sudah mencapai 71 juta orang.

"Kami meyakini pariwisata adalah strategi paling jitu untuk Jabar. Kenapa, karena tanahnya indah sekali sesuai judul Gurilaps ini Perbanyak Piknik, Lupakan Mantan Mari Pergi Liburan," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai meresmikan Aplikasi Gurilaps.com, kemarin.

Emil mengatakan, Gurilaps.com adalah aplikasi all in one bagi wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman wisata petualangan dengan menikmati keindahan alam di Jabar. Masyarakat tidak perlu lagi repot untuk berkunjung ke satu destinasi wisata di Jabar dengan memesan sejumlah kebutuhan seperti makan, penginapan, transportasi, dan sebagainya.

Sekarang, menurut Emil, masyarakat kalau mau berwisata itu harus booking tiket. Tapi, aplikasi semacam itu sudah banyak.

"Nah, kalau gurilaps ini adalah aplikasi dari BUMD Jaswita agar masyarakat atau wisatawan bisa booking objek wisata yang ada di Jabar dengan berbagai kebutuhan," kata Emil.

Aplikasi Gurilaps, akan memberikan pengalaman menarik wisata adventure sesuai dengan singkatannya yakni Gunung, Udara, Rimba, Laut, dan Sungai. "Sekarang jaman digital, jadi wisata juga kita permudah," katanya.

Emil menjelaskan, aplikasi ini dapat diunduh di ponsel berbasis android atau IOS. Sesuai namanya setelah melakukan login yang dapat dilakukan melalui Facebook atau Google, pengguna dapat menjelajah beragam pilihan berwisata di gunung, udara, rimba, laut, pantai, dan sungai.

Tersedia beragam pilihan paket wisata yang dapat dipilih. Misalnya, paket berwisata “Menguak Misteri Kotak Pandora” di Sukabumi dengan harga Rp 215.000/pax untuk satu hari dalam jelajah gunung.

Wisatawan juga, kata dia, dapat memilih paket kehangatan rafting di Pangalengan dengan harga Rp 375.000 per orang selama dua hari satu malam. Sebagai marketplace pariwisata, tersedia juga beragam paket wisata lain di Gurilaps yang dapat disesuaikan dengan keinginan para wisatawan.

Sementara wonderfulwestjava.com, menurut Emil, menghadirkan semua infomasi lengkap mengenai destinasi wisata yang ada di Bumi Parahyangan. Sehingga masyarakat tidak kebingungan mencari tempat wisata keren, destinasi baru, dan kekinian.

Melalui website ini, masyarakat juga diminta proaktif menyebarkan tempat wisata yang belum diketahui publik.

"Kita ingin menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi terbaik," katanya.

Definisi terbaik, kata dia, tidak hanya kita akan menciptakan destinasi yang jumlahnya 25-an selama lima tahun. Emil juga, meminta masyarakat proaktif meng-upload apa-apa yang ada di kampungnya yang kita tidak tahu, ke website  Wonderfulwestjava.com 

"Jadi, warga Jawa Barat silahkan meng-uploadtempat atau kegiatan, nanti dikurasi oleh Dinas Pariwisata Jawa Barat, kalau lolos nanti masuk ke website itu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement