Senin 03 Dec 2018 20:10 WIB

Pertamina Bersama Rumah Zakat Tanam 10 Ribu Mangrove

Hutan mangrove diharapkan jadi hutan ekowisata dan edukasi bagi masyarakat.

Red: Gita Amanda
Ilustrasi Penanaman Pohon Mangrove
Foto: Foto : MgRol_93
Ilustrasi Penanaman Pohon Mangrove

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- PT Pertamina (Persero) MOR I Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, bersama Rumah Zakat Aceh menanam 10 ribu pohon mangrove. Ini dilakukan sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan, khususnya di pesisir pantai wilayah itu.

Operation Head Pertamina, Suarno, di Aceh Besar, Senin (3/12), mengatakan penanaman mangrove ini merupakan bagian menjaga kelestarian lingkungan. Serta menjadi salah satu wujud kepedulian Pertamina terhadap lingkungan, khususnya pesisir pantai Krueng Raya Aceh Besar.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela penanaman tanaman bakau yang dikemas dalam Program Pendampingan Konservasi Hutan Mangrovedi Gampong/desa Beurandeh, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar. Suarno menjelaskan selain untuk program kelestarian lingkungan, mangrove memiliki banyak fungsi misalnya menjaga pantai agar tidak terkikis serta menjadi tempat keberlangsungan makhluk hidup yang menempati pantai tersebut.

"Kami berharap hutan mangrove ini menjadi hutan ekowisata dan edukasi bagi anak cucu kita kelak dan peran masyarakat sangatlah penting dalam menjaga lingkungannya untuk kepentingan jangka panjang, karena kita ketahui mengrove ini sangat banyak fungsinya," katanya.

Kepala Cabang Rumah Zakat Aceh, Riadhi mengatakan sebagai pelaksana dan pendampingan program CSR Pertamina, pihaknya terus berupaya menjalankan sesuai dengan yang diharapkan oleh Pertamina dan bermanfaat bagi masyarakat setempat. Menurut Riadhi, wujud kepedulian PT Pertamina TBBM Krueng Raya untuk menjaga kelestarian lingkungan sangat tepat karena Aceh juga wilayah yag memiliki garis pantai yang cukup panjang.

"Insya Allah kami akan menjalakan pendampingan sesuai prosedur dan membuat inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Kami juga mengajak masyarakat untuk menjaga lahan dan hutan yang telah kita tanam untuk keberlangsungan makhluk hidup, karena pada hakikatnya kita hidup membutuhkan lingkungan yang asri dan bersih," katanya.

Riadhi juga menyampaikan terima kasih kepada PT Pertamina TBBM Krueng Raya atas kepecayan kepada Rumah Zakat dalam melaksanakan program CSR. Sehingga program tersebut bermanfaat dan berlanjut untuk masa mendatang.

Sebelumnya, PT Pertamina (persero) MOR I TBBM Krueng Raya bersama Rumah Zakat Aceh telah melaksanakan beberapa Program CSR 2018 untuk pendidikan, revitalisasi Posyandu dan budidaya jamur tiram.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ فِيْكُمْ رَسُوْلَ اللّٰهِ ۗ لَوْ يُطِيْعُكُمْ فِيْ كَثِيْرٍ مِّنَ الْاَمْرِ لَعَنِتُّمْ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ حَبَّبَ اِلَيْكُمُ الْاِيْمَانَ وَزَيَّنَهٗ فِيْ قُلُوْبِكُمْ وَكَرَّهَ اِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوْقَ وَالْعِصْيَانَ ۗ اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الرَّاشِدُوْنَۙ
Dan ketahuilah olehmu bahwa di tengah-tengah kamu ada Rasulullah. Kalau dia menuruti (kemauan) kamu dalam banyak hal pasti kamu akan mendapatkan kesusahan. Tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan (iman) itu indah dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus,

(QS. Al-Hujurat ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement