Jumat 07 Dec 2018 18:12 WIB

8 Rute Jak Lingko Terintegrasi Skybridge Tanah Abang

300 unit Jak Lingko akan dikerahkan melayani masyarakat.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Ani Nursalikah
Pengemudi angkutan umum Jak Lingko (dahulu OK Otrip).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengemudi angkutan umum Jak Lingko (dahulu OK Otrip).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Agung Wicaksono mengatakan ada delapan rute angkutan umum Jak Lingko yang akan terintegrasi dengan JPM Tanah Abang. Jembatan penyeberangan multiguna (JPM) atau skybridge Tanah Abang mulai diuji coba untuk pejalan kaki dan moda transportasi yang terintegrasi, Jumat (7/12).

"Saat ini ada delapan rute yang sudah disetujui dari Pemprov (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta). Ini statusnya masih uji coba karena kita ketat sekali melakukan evakuasi kendaraan yang akan digunakan," ujar Agung di JPM Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat.

Baca Juga

Ia mengatakan, rute tersebut merupakan rute yang telah tersedia sebelumnya. Ia merinci rute tersebut, antara lain OK 7 Grogol-Tanah Abang, OK 8 Roxy-Bendungan Hilir, OK 9 Roxy Mas-Karet, OK 10 Tanah Abang-Kota, OK 11 Tanah Abang-Kemayoran Lama, OK 12 Tanah Abang-Kebayoran Lama, OK 13 Tanah Abang-Jembatan Lima, dan OK 14 Tanah Abang-Meruya Ilir.

Namun, dalam uji coba JPM Tanah Abang hari ini Jak Lingko tersebut belum bisa dioperasikan. Alasannya, para sopir belum seluruhnya memiliki SIM A umum. Ia menyebut akan mengadakan pembuatan SIM massal bagi sopir Jak Lingko bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya pada Sabtu (8/12).

photo
Warga melakukan pembayaran angkutan umum Jak Lingko (dahulu OK Otrip) di Terminal Kampung Melayu, Jakarta.

"Sampai kemarin itu baru sekitar 58 kendaraan (Jak Lingko) yang lolos evaluasi terus belum semuanya punya SIM A umum, padahal SIM A itu mutlak," kata dia.

Agung menjelaskan, ada sekitar 60 unit Jak Lingko yang sudah dalam proses pengendalian dan evaluasi. Ia merencanakan akan mengerahkan sampai 300 unit Jak Lingko untuk melayani penumpang di sekitar kawasan Tanah Abang ke berbagai tujuan dari delapan trayek tersebut.

Bus Metrotrans koridor 1H dengan rute Tanah Abang-Stasiun Gondangdia dan GR 2 Tanah Abang Explorer akan dipersiapkan menaikturunkan penumpang di halte yang terintegrasi dengan JPM. Agung menyebut, berdasarkan laporan data pada Kamis (6/12), koridor 1H mengangkut 2.700 penumpang, sedangkan GR 2 melayani 3.562 penumpang.

"Itu beda-beda tiap hari, tetapi ya rata-rata sekitar segitu (setiap harinya)," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement