Kamis 13 Dec 2018 18:28 WIB

Basuki: Tol Trans-Jawa Siap Dilalui untuk Libur Akhir Tahun

Selain Trans Jawa, pemerintah juga sedang mengejar penyelesaian tol Trans Sumatra.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Friska Yolanda
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan jembatan darurat di jalur utama Padang-Bukittinggi, Kamis (13/12).
Foto: Republika/Sapto Andiko Condro
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan jembatan darurat di jalur utama Padang-Bukittinggi, Kamis (13/12).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PARIAMAN -- Pemerintah menargetkan jalan tol yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya bisa sepenuhnya tersambung bulan ini. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan, tol Trans Jawa akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Desember 2018. Artinya, ruas tol sepanjang 870 kilometer ini bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur akhir tahun 2018. 

"Tol Trans Jawa sudah bisa dipakai. Untuk mudik Natal tahun baru. Tunggu Pak Presiden resmikan Tol Trans Jawa. Kalau itu sudah nyambung, mudah-mudahan," jelas Basuki usai meninjau pembangunan jembatan darurat di jalur utama Padang-Bukittinggi, Kamis (13/12). 

Sisa pengerjaan yang masih harus dirampungkan adalah ruas tol Pemalang-Batang (33 km), Batang-Semarang (75 km), dan Salatiga-Solo (33 km) dengan progres nyaris 100 persen. Sementara ruas tol Wilangan-Kertosono sudah mencapai 95 persen. Bila ruas-ruas tol tersebut rampung, maka Pulau Jawa akan terhubung tol dari Merak hingga Surabaya. 

Selain Trans Jawa, pemerintah juga sedang mengejar penyelesaian tol Trans Sumatra. Basuki menyebutkan, jalur tol Trans Sumatra akan rampung hingga Palembang pada pertengahan 2019 nanti. Tol ini membentang dari Bakauheni di Lampung hingga Palembang di Sumatra Selatan dengan panjang 350 kilometer (km). 

"Malam ini saya dengan Presien ke Aceh untuk mulai pengerjaan (tol) di Aceh," kata Basuki. 

Baca juga, Jelang Natal 2018, Menteri PUPR Cek Kesiapan Tol Trans Jawa

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement