Rabu 06 Feb 2019 20:35 WIB

Indra Soroti Kegugupan Timnas U-22 Saat Mulai Serangan Balik

Seharusnya bola segera dialirkan ke Beni Oktavinsyah yang diplot menggantikan Witan.

Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 R.Lastori (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Bhayangkara FC Arif Setiawan (tengah) pada laga pertandingan persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/2/2019).
Foto: Antara/Risky Andrianto
Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 R.Lastori (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Bhayangkara FC Arif Setiawan (tengah) pada laga pertandingan persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/2/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-22 Indra Sjafri menyoroti anak-anak asuhannya yang agak gugup ketika menerapkan strategi serangan balik di paruh akhir babak kedua laga uji coba melawan Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/2). Timnas U-22 yang sempat unggul lewat gol Andy Setyo Nugroho dan eksekusi penalti Gian Zola, harus puas dengan hasil imbang 2-2.

Timnas kebobolan dua gol lantaran gawang kiper pengganti M Riyandi tak mampu mengadang tendangan jarak jauh Ilham Udin Armayn dan Maldini Pali.

"Ketika babak kedua, menggunakan skuat tim kedua itu, sangat counter attack, tapi transisinya lambat dan cenderung menunggu saat dalam situasi bertahan," kata Indra dalam jumpa pers purnalaga.

Indra menuturkan, seharusnya tim menerapkan skema serangan balik konvensional dengan waktu tunggu yang lebih singkat untuk bisa mengalirkan bola secara efektif. Kuncinya, lanjut dia, seharusnya bola segera dialirkan menuju Beni Oktavinsyah yang diplot masuk menggantikan Witan Sulaiman di sektor sayap kanan.

"Namun yang terjadi ketika build up serangan balik dari bek tengah malah bola diumpan balik ke kiper. Itu konyol kalau menurut saya, karena dalam situasi demikian kiper sudah kehilangan dua tangannya, senjata utamanya," kata Indra. "Seharusnya tidak begitu, harus lihat ke depan. Orang pertama yang harus dituju dalam situasi itu seharusnya Beni."

Timnas U-22 menerapkan strategi permainan dengan menekankan pada penguasaan bola dominan sepanjang babak pertama hingga pertengahan awal babak kedua. Kendati tak membuahkan gol di babak pertama, timnas U-22 lantas unggul dua gol atas Bhayangkara lewat gol Andy Setyo dan Gian Zola yang hanya berjarak empat menit.

Setelah unggul dua gol, Indra rupanya menginstruksikan para pemain untuk menerapkan skema serangan balik termasuk dengan melakukan rotasi pemain. Yakni mengeluarkan Witan digantikan Beni, Zola digantikan Hanif Sjahbandi, dan M Luthfi Kamal digantikan Kadek Agung.

Namun, strategi itu tak berjalan mulus dan timnas U-22 kemasukan dua gol tendangan jarak jauh yang dicetak mantan asuhan Indra di timnas U-19 dulu, Ilham Udin dan Maldini. "Secara keseluruhan ketika pakai strategi kedua, kami keluar dari tekanan dengan kurang smooth," pungkas Indra.

Laga melawan Bhayangkara menjadi satu dari dua pertandingan uji coba yang dijadwalkan timnas U-22 sebelum bertolak ke Kamboja mengikuti Piala AFF U-22 pada 17-26 Februari. Selanjutnya, timnas U-22 akan bertolak ke Malang untuk menghadapi Arema FC dalam laga uji coba kedua di Stadion Kanjuruhan, Ahad (10/2).

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَقَدْ اَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنٰتِ وَاَنْزَلْنَا مَعَهُمُ الْكِتٰبَ وَالْمِيْزَانَ لِيَقُوْمَ النَّاسُ بِالْقِسْطِۚ وَاَنْزَلْنَا الْحَدِيْدَ فِيْهِ بَأْسٌ شَدِيْدٌ وَّمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللّٰهُ مَنْ يَّنْصُرُهٗ وَرُسُلَهٗ بِالْغَيْبِۗ اِنَّ اللّٰهَ قَوِيٌّ عَزِيْزٌ ࣖ
Sungguh, Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan bukti-bukti yang nyata dan kami turunkan bersama mereka kitab dan neraca (keadilan) agar manusia dapat berlaku adil. Dan Kami menciptakan besi yang mempunyai kekuatan, hebat dan banyak manfaat bagi manusia, dan agar Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya walaupun (Allah) tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat, Mahaperkasa.

(QS. Al-Hadid ayat 25)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement