Kamis 01 Jan 1970 07:00 WIB

Juventus Terkapar di Genoa

Juventus takluk 0-2 dari Genoa pada laga pekan ke-28 di Stadion Luigi Ferraris

Red:
Penyerang Genoa Christian Kouame (bawan) saat berebut bola dengan bek Juventus Daniele Rugani.
Foto: EPA-EFE/SIMONE ARVEDA
Penyerang Genoa Christian Kouame (bawan) saat berebut bola dengan bek Juventus Daniele Rugani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juventus menelan kekalahan pertama di Seri A musim 2018/2019. Juventus takluk 0-2 dari Genoa pada laga pekan ke-28 di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Ahad (17/3).

Gol kemenangan Genoa tercipta pada babak kedua. Dua pemain pengganti, Stefano Sturaro dan Goran Pandev, menjebol gawang tim Zebra yang dijaga Mattia Perin.

Kekalahan ini tak mempengaruhi posisi Nyonya Tua di klasemen sementara. Bianconeri masih kokoh di puncak dengan nilai 75, unggul 18 angka dari posisi kedua Napoli yang belum melakoni laga pekan ke-28. Sementara Genoa sementara naik dua tingkat ke posisi 11 dengan nilai 33.

Jalannya laga

Genoa langsung berupaya melancarkan tekanan ke pertahanan Juventus sejak kick-off. Pelatih Cesare Prandelli menginstruksikan para pemainnya untuk menekan Juventus sejak di pertahanan mereka agar tidak melancarkan serangan berbahaya ketika Genoa kehilangan bola.

Sementara saat membangun serangan, Genoa memilih mengirimkan bola langsung ke kotak penalti Juventus dengan harapan duet penyerang Christian Kouame  dan Arnaldo Sanabria memenangi duel dengan tiga bek Juventus yang digalang Martin Caceres, Leonardo Bonucci, dan Daniele Rugani.

Tuan rumah tampak menjanjikan pada awal laga. Kouame menang duel di kotak penalti dan tendangannya hanya melebar pada menit kesepuluh. Tujuh menit berselang, kiper Juventus membuat penyelamatan. Sepakan Kouame di kotak penalti bisa ditahan bek Juventus. Kemudian bola pantul disambut Sanabria dengan tendangan keras yang masih bisa dihalau Perin ke samping gawang.

Juventus yang tersentak mencoba menekan Genoa. Tapi tuan rumah masih bermain taktis untuk meredam serangan Bianconeri. Genoa bahkan hampir mendapatkan penalti pada menit ke-30 saat Joao Cancelo handball. Namun wasit Marco Di Bello mengubah keputusannya setelah melihat VAR (video asisten wasit).

Setelah ini, irama permainan sedikit menurun. Kedua tim tak mendapatkan peluang berarti untuk mencetak gol. Satu kesempatan terbaik hadir untuk Genoa pada menit ke-42. Satu serangan I Rossoblu dari sisi kanan diakhiri umpan silang ke depan kotak penalti Juventus. Esteban Rolon dalam posisi tak terjaga berlari menyambut dan langsung melepaskan tendangan. Bola hanya melambung di atas mistar yang dijaga Perin. Skor 0-0 tak berubah hingga injury time dua menit berakhir.

Babak kedua, Babak kedua, permainan tak banyak berubah. Genoa terus berupaya mencari gol kemenangan. 

Pada menit ke-60, Prandelli menarik Sanabria dan menggantikannya dengan Pandev. Sementara pelatih Juventus Massimiliano Allegri menarik Cancelo dan menurunkan Federico Bernardeschi.

Menit ke-70, Prandelli kembali menarik satu pemain. Darko Lazovic keluar untuk memberi jalan kepada Sturaro. Hanya dua menit di lapangan, Sturaro membuat publik Stadion Luigi Ferraris bergemuruh. Menerima bola di luar kotak penalti Juventus, Sturaro melepaskan tendangan dan mengarahkan bola ke sisi kanan bawah. Perin yang mencoba menerkam tak bisa menahan bola meluncur ke gawangnya.

Gol ini langsung direspons Allegri dengan menarik Mario Mandzukic dan memasukkan Moise Kean pada menit ke-73. Sementara Prandelli menghabiskan jatah pergantiannya dengan menurunkan Miguel Veloso menggantikan Ivan Radovanovic pada menit ke-75. Dua menit berselang, Allegri kembali memasukkan pemain, kali ini Leonardo Spinazzola menggantukan Rodrigo Bentancur.

Juventus pun berusaha menggempur habis-habisan Genoa. Tapi dalam situasi serangan balik, justru Perin dipaksa memungut bola dari gawangnya pada menit ke-81. Kouame dengan tenang menggiring bola sebelum pada saat yang tepat melepaskannya ke Pandev yang lepas dari kawalan bek Juventus. Tendangan kaki kirinya tak bisa ditahan Perin, 2-0 untuk Genoa. 

Waktu tersisa tak bisa dimaksimalkan tim lapis kedua Juventus ini untuk setidaknya menyamakan skor. Nyonya Tua akhirnya harus menderita kekalahan pertama musim ini. Sebelumnya pada pertemuan pertama di Turin, Genoa juga mampu menahan Juventus 1-1.

Susunan pemain kedua tim:

Genoa (4-4-2)

Ionu Radu; Pedro Pereira, Cristian Romero, Ervin Zukanovic, Domenico Criscito; Lukas Lerager, Ivan Radovanovic, Esteban Rolon, Darko Lazovic; Arnaldo Sanabria, Christian Kouame

Pelatih: Cesare Prandelli

Juventus (3-1-4-2)

Mattia Perin; Martin Caceres, Leonardo Bonucci, Daniele Rugani; Miralem Pjanic; Joao Cancelo, EMre Can, Rodrigo Bentancur, Alex Sandro; Paulo Dybala, Mario Mandzukic

Pelatih: Massimiliano Allegri

 

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement