Rabu 27 Mar 2019 09:56 WIB

PMI Kembali Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Bencana Sentani

PMI terus berupaya menyalurkan paket bantuan untuk penuhi sejumlah kebutuhan darurat.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Kondisi tenda pengungsian di kampung Taruna, Hinekombe, Distrik Sentani, Jayapura, Papua, Ahad (24/33). Letak permukiman ini berada di kaki Gunung Cyclop.
Foto: Republika/Umar Mukhtar
Kondisi tenda pengungsian di kampung Taruna, Hinekombe, Distrik Sentani, Jayapura, Papua, Ahad (24/33). Letak permukiman ini berada di kaki Gunung Cyclop.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Palang Merah Indonesia (PMI) kembali menyalurkan paket bantuan kepada para pengungsi korban terdampak bencana banjir di Sentani Jayapura. Bantuan itu disebar ke beberapa titik lokasi pengungsian salah satunya di lokasi pengungsiana kampung Asei Kecil dan Nandeli yang berada di Distrik Sentani Timur Jayapura.

Ketua harian PMI Provinsi Papua, Zakius Degey mengatakan, PMI terus mengupayakan menyalurkan paket bantuan untuk memenuhi sejumlah kebutuhan kedaruratan para pengungsi yang tersebar di beberapa titik pengungsian diantaranya di kampung Asei Kecil dan Nandeli di Distrik Sentani Timur. "Upaya ini dilakukan untuk merespon kebutuhan para pengungsi yang masih sangat membutuhkan dalam kondisi tanggap darurat," ujar dia dalam keterangan persnya Rabu (27/3).

Baca Juga

Untuk paket bantuan tersebut ungkap Zakius, PMI mendapatkan dukungan PMI Pusat dan IFRC. Jenis bantuan yang didistibusikan meliputi paket kebutuhan keluarga (family kit), terpulin, dan paket peralatan kebersihan (hygiene kit).

Zakius menerangkan, berbagai jenis bantuan tersebut sangat dibutuhkan saat ini. Apalagi, cuaca di lokasi pengungsian sekarang memasuki intensitas cuaca yang masih hujan di wilayah Jayapura dan sekitarnya.

Zakius berharap paket bantuan tersebut bisa bermamfaat untuk meringankan penderitaan para korban. Terutama warga terdampak yang sampai saat ini masih berada di pengungsian.

Salah satu penerima bantuan, Norlince Nere dari pengungsi Kampung Asei Kecil mengatakan, warga mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas bantuan yang diberikan PMI. Bantuan tersebut sangat bermamfaat selama ia dan keluarga berada di pengungsian.

Kepala Divisi Penanggulangan Bncana PMI Pusat Arifin M Hadi menambahkan, selain bantuan logistik PMI pusat juga mengirimkan armada tangki air bersih. Sarana itu untuk mendukung dalam pelayanan tanggap darurat bencana di kawasan tersebut.

Bantuan ini ungkap Arifin, sebagai bentuk komitmen PMI dalam rangka mendukung pemerintah untuk upaya penanganan bencana yang terjadi di wilayah Sentani Papua. "Fokus pelayanan PMI saat ini adalah membantu pemerintah dalam upaya proses penanganan tangap darurat bencana banjir bandang," cetus dia. Jenis bantuan yakni water sanitasi and hygien (WASH), pelayanan kesehatan dan pendampingan pelayanan psikososial support program (PSP).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement