Rabu 10 Apr 2019 11:48 WIB

Sempat Dirawat di Rumah Sakit, Dalai Lama Membaik

Dalai Lama dirawat di rumah sakit karena infeksi dada.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Dalai Lama
Foto: AP Photo/Manish Swarup
Dalai Lama

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Dalai Lama masuk rumah sakit di ibu kota India karena infeksi dada. Pada Rabu (10/4), juru bicaranya mengatakan kini kondisi Dalai Lama sudah membaik.

Juru bicara Dalai Lama, Tenzin Taklha mengatakan pemimpin spiritual Tibet itu tengah menjalani perawatan. Ia akan dirawat selama satu atau dua hari di rumah sakit.

Baca Juga

Dalai Lama datang dari Dhamsala untuk melakukan konsultasi dengan dokter di New Delhi. Ia masuk rumah sakit pada Selasa (9/4) lalu.

Kota perbukitan Dharmasala yang berada di sebelah utara India itu menjadi tempat tinggal Dalai Lama sejak 1959, ketika gagal memberontak dari kekuasaan Cina.

Takhla mengatakan kini Dalai Lama sudah membaik. Ia biasanya menghabiskan beberapa bulan berkeliling dunia, mengajar ajaran Buddha, dan menyebarkan perjuangan rakyat Tibet dalam meraih kebebasan dari Cina.

Ia memberikan ceramah dalam konferensi guru dan murid di New Delhi pada pekan lalu. Dalam menjawab pertanyaan seputar masa depan Tibet, Dalai Lama mengulang kembali pernyataannya ia tidak mengincar kemerdekaan dari Cina. Ia lebih memilih untuk membuat kesepakatan yang diterima bersama dengan Cina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement