Rabu 10 Apr 2019 16:21 WIB

Deklarasi Dukungan untuk Jokowi Tampilkan Seni Pencak Silat

Jokowi dinilai memiliki hubungan emosional dengan kalangan pesilat.

Red: Muhammad Hafil
Deklarasi dukungan sejumlah pendekar Pencak Silat yang tergabung dalam Jawara Indonesia untuk Jokowi-Ma'ruf di Papua Barat.
Foto: Dok Republika.co.id
Deklarasi dukungan sejumlah pendekar Pencak Silat yang tergabung dalam Jawara Indonesia untuk Jokowi-Ma'ruf di Papua Barat.

REPUBLIKA.CO.ID,  MANOKWARI -- Ratusan pendekar silat yang tergabung dalam Jawara Indonesia (Jawi) Papua Barat deklarasi menyatakan mendukung pasangan Capres 01, Jokowi-Maruf Amin. Pada acara itu, ditampilkan atraksi dari berbagai perguruan Pencak Silat yang ada di wilayah Papua Barat.

Deklarasi tersebut digelar di Lapangan Maibuki Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, Selasa (9/4). “Deklarasi Jawara Indonesia untuk Jokowi Maruf Amin, Alhamdulilah lancar telah sukses,” ujar Korwil Jawi Papua Barat, Darto Saifudin dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Selasa malam (9/4).

Baca Juga

Selain deklarasi, acara tersebut juga diwarnai penampilan aktraksi dari berbagai perguruan pencak silat di wilayah papua Barat. “Selanjutnya langsung penampilan kesenian rakyat dalam hal ini seruling tangkur yang  masyarakat asli Papua Barat,” terangnya.

Lebih jauh, Darto membeberkan dukungannya untuk Jokowi-Ma’riuf. Beberapa di antaranya yaitu karena Jokowi telah menanamkan investasi moral, investasi kesejahteraan rakyat khususnya Papua dan Papua Barat.

Tak hanya cukup itu, Darto juga menyinggung keberhasilan Jokowi lainnya yaitu Trans Papua antara Papua dan Papua Barat sudah terhubung. Sehingga, meningkatnya perekonoiman, menumbuhkembangkan pariwisata dan ekonomi kerakyatan.

“Jokowi telah berhasil,  kalau ini tidak diteruskan dengan kepemimpinan kenapa siapa lagi yang akan meneruskan kalau ada yang lebih pengalaman kenapa memilih yang coba-coba,” katanya.

Ketua Umum Pagar Nusa, M Nabil Haroen mengatakan dukungan kepada Jokowi-Ma`ruf Amin tentu beralasan mengingat sudah beberapa kali Jokowi menghadiri perhelatan pencak silat dan Pagar Nusa pun beberapa kali mengawal Jokowi. Sehingga hubungan emosional sudah dekat.

Nabil juga mengatakan, dukungan Jawi terhadap Jokowi-Ma`ruf Amin juga tidak hanya dilakukan di Indonesia, namun juga di luar negeri seperti di Hong Kong dan Malaysia. "Mereka menaruh harapan besar jika Jokowi-Ma`ruf Amin diberikan kesempatan untuk kembali memimpin maka perhatian terhadap seni dan budaya, khususnya seni bela diri Pencak Silat akan lebih diperhatikan lagi," ujarnya.

Nabil tak menyangka jika dukungan para pendekar untuk pasangan Jokowi-Ma`ruf Amin begitu besar dan tidak terbendung. Dalam waktu singkat,  deklarasi dilakukan oleh Jawi di daerah-daerah baik yang terekspos media maupun tidak.

"Aspirasi ini tentu harus dikelola dengan baik sehingga dukungan kepada pasangan 01 semakin kuat," ujar Nabil.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement