Shalat Tarawih 11 atau 23 Rakaat? Ini Penjelasan UAS

Red: Hasanul Rizqa

Sabtu 04 May 2019 11:04 WIB

Keutamaan shalat tarawih Foto: Republika/mgrol100 Keutamaan shalat tarawih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa dan shalat tarawih merupakan beberapa ibadah khas Ramadhan. Pada zaman Nabi Muhammad SAW, istilah tarawih belum dikenal. Istilah itu baru muncul pada era sahabat, khususnya Khalifah Umar bin Khaththab.

Pada tiap malam Ramadhan, mereka melakukan shalat qiyam Ramadhan dengan diselingi istirahat tiap dua rakaat yang ditutup salam. Secara kebahasaan, tarwiih berarti 'istirahat.'

Baca Juga

Ya, pada zaman Nabi SAW, istilah untuk ibadah ini adalah qiyam Ramadhan. Berbeda dengan puasa, qiyam Ramadhan alias shalat tarawih hukumnya sunah yang sangat dianjurkan. Waktu pelaksanaannya, sesudah shalat isya pada malam hari hingga terbitnya fajar selama bulan Ramadhan.

Berapa rakaat?

Ada yang menyarankan shalat tarawih itu 11 rakaat, yakni termasuk tiga rakaat witir. Cara shalat itu adalah: tiap dua rakaat, salam, sehingga diakhiri dengan satu rakaat witir. Demikian merujuk dari buku Tuntunan Ibadah pada Bulan Ramadhan (disusun Tim Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah).

Dalam hal ini, Ustaz Abdul Somad (UAS) dalam buku 99 Tanya Jawab Seputar Shalat menerangkan. Cara “empat rakaat, empat rakaat plus tiga rakaat witir” bukanlah maksud daripada hadis riwayat Aisyah.

Hadis itu selengkapnya berbunyi. "Dari Abu Salamah bin Abdirrahman, ia bertanya kepada Aisyah RA, 'Bagaimanakah shalat Rasulullah SAW di bulan Ramadhan?'

Aisyah RA menjawab, 'Rasulullah SAW tidak pernah menambah di dalam Ramadhan dan di luar Ramadhan lebih dari 11 rakaat.

Beliau shalat empat rakaat, jangan engkau tanya tentang bagus dan panjangnya. Kemudian, beliau shalat empat rakaat jangan engkau tanya tentang bagus dan panjangnya. Kemudian, beliau shalat tiga rakaat.'"

Menurut UAS, hadis itu bermakna bahwa Nabi SAW shalat empat rakaat, kemudian berhenti untuk istirahat, lalu shalat empat rakaat lagi untuk menggenapkan tarawih.

photo
Infografis Keutamaan Shalat Tarawih

 

Ihwal Shalat 23 Rakaat

Ada pula yang menyarankan shalat tarawih itu 20 rakaat, yakni termasuk tiga rakaat witir. Hal itu berdasarkan keyakinan, tak ada keterangan yang pasti tentang jumlah rakaat shalat tarawih yang dikerjakan Nabi Muhammad SAW.

Rujukannya kemudian perilaku para sahabat Nabi SAW dan generasi tabiin. Mengutip buku Argumentasi Tarawih 20 Rakaat: Risalah Amaliah Kaum Nahdliyin (disusun Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama Jawa Barat), Musnad Ibn al-Ja’d menyebutkan sebagai berikut.

"Mereka (para sahabat Nabi SAW) melaksanakan shalat malam pada masa Umar bin Khaththab RA pada bulan Ramadhan sebanyak 20 rakaat."

Cara shalat itu adalah: tiap dua rakaat, salam, sehingga diakhiri dengan satu rakaat witir. Dalam pada itu, ada lima kali istirahat.

Pada akhirnya, shalat 11 atau 23 rakaat itu masih lebih baik daripada mereka yang tidak sama sekali shalat tarawih. Simaklah hadis Rasulullah SAW ini, “Barangsiapa yang melaksanakan qiyam Ramadhan karena keimanan dan pengharapan ridha Allah, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu.”

Shalat tarawih pun sangat dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah, baik itu di masjid maupun tempat-tempat lain yang mulia. Pasalnya, derajat shalat berjamaah lebih tinggi daripada shalat sendirian. Apalagi, nuansanya adalah bulan suci Ramadhan ketika pahala amal ibadah dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Terpopuler