Jumat 17 May 2019 00:45 WIB

Dulang Pahala Ramadhan dengan Ibadah dan Kebaikan ini

Ibadah puasa di bulan Ramadhan bentuknya beragam.

Rep: cermati/ Red:
Jangan sia-siakan Bulan Ramadhan, Yuk Dulang Pahala dengan Amalan Ibadah dan Kebaikan ini!
Jangan sia-siakan Bulan Ramadhan, Yuk Dulang Pahala dengan Amalan Ibadah dan Kebaikan ini!

“Marhaban Ya Ramadhan” yang artinya Selamat datang wahai bulan Ramadhan. Bulan Ramadahan merupakan satu-satunya bulan yang paling ditunggu umat islam. Sebab, pada bulan yang suci ini mereka bisa mendapatkan banyak pahala.

Bagaimana tidak? Di bulan yang juga penuh berkah ini setiap amal ibadah atau kebaikan yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang dilipat gandakan. Untuk itu, setiap umat islam tidak hanya menjalankan puasa Ramadhan saja, tapi mereka juga menjalankan ibadah dan kebaikan lainnya.

Nah bagi kamu yang ingin mendulang banyak pahala, sebaiknya jangan sia-siakan bulan suci Ramadhan ini dengan melakukan serangkaian amalan ibadah dan kebaikan berikut ini: 

 

1. Puasa Ramadhan

puasa

Puasa Ramadhan

Ya puasa menjadi kewajiban utama yang harus dilakukan umat islam selama bulan Ramadhan. Seseorang yang berpuasa bukan hanya menahan rasa lapar dan haus dari adzan subuh hingga adzan maghrib saja, tapi juga harus menahan hawa nafsu lainnya, seperti menjaga emosional, menundukan mata dari hal tercela, memelihara lisan dari ghibah, memelihara telinga dari hal-hal yang dibensi agama dan sebagainya.

Jika itu dijalankan dengan baik, maka seseorang akan mendapatkan pahala yang jumlahnya berkali-kali lipat, bahkan puasanya juga bisa menghapus dosa-dosa yang dilakukan pada masa lalu, baik dosa kecil maupun dosa besar.

2. Sholat Lima Waktu, Dzikir dan Berdoa

sholat

Sholat lima waktu, dzikir dan doa

Sholat lima waktu merupakan ibadah yang wajib dijalankan, sebab sholat menjadi tiang agama umat islam. Bila kesehariannya saja bagi umat islam yang menjalankan sholat lima waktu mendapatkan pahala, maka bila ini dilakukan juga selama bulan puasa, pahala yang didapat bisa berlipat-lipat ganda dan satu rakaatnya menjadi lebih berkah dari rakaat di bulan lainnya. Selain itu, setelah sholat janganlah langsung berdiri atau menyudahi sholat begitu saja. Tutuplah sholatmu dengan dzikir dan doa agar ibadah sholatmu semakin maksimal.

3. Sahur

makan

Sahur

Terkadang waktu sahur disepelekan bagi kebanyakan orang, sebab mereka khawatir kesiangan yang pada akhirnya tidak sahur. Untuk mengatasinya mereka memilih makan malam sebelum tidur kemudian tak lupa juga membaca niat puasa. Padahal waktu sahur yang dianjurkan adalah dipenghujung malam sekitar jam 03:30 dini hari hingga menjelang imsak. Dengan melaksanakan sahur juga seseorang yang berpuasa akan mendapatkan keberkahan dari Allah.

4. Menyegerakan Berbuka Puasa

buka puasa

Menyegerakan buka puasa

Waktu berbuka puasa dianjurkan untuk disegerakan ketika sudah mendengar adzan maghrib. Jadi, bagi kamu yang sedang dalam perjalanan pulang dari kantor menuju rumah atau masih perjalanan dalam bepergian lainnya, sebaiknya berhenti terlebih dahulu untuk membuka puasa. Alangkah baiknya juga jika sebelum melakukan perjalanan, kamu sudah menyiapkan minuman dan kurma atau hidangan sederhana lainnya.

5. Sholat Tarawih

sholat tarawih

Sholat Tarawih

Setelah berbuka puasa, bukan berarti ibadah dalam satu hari telah usai. Ada rangkaian ibadah lain, yaitu kamu dianjurkan sholat tarawih yang dijalankan setelah sholat isya. Sholat tarawih ini bisa dilakukan secara sendiri atau berjamaah bersama keluarga atau di mushola atau masjid dekat rumah. Bukan hanya pahala yang akan didapatnya, tapi dosa yang telah lalu juga akan diampuni oleh Allah bagi yang menjalankan ibadah sholat tarawih ini.

Baca Juga: Pikiran Bersih dan Tenang di Saat puasa? Ini Cara Mendapatkannya

6. Membaca Al Quran

baca quran

Membaca Al quran

Pastinya semua umat islam sudah tahu kalau Al Quran pertama kali turun pada bulan suci Ramadhan. Makanya bulan ini sangat istimewa bagi orang-orang yang membaca Al Quran, sebab satu huruf Al Quran yang dibaca akan dihitung sebagai satu kebaikan. Tak heran bila di bulan ini, tak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk menghatamkan Al Quran hingga berkali kali.

7. Bersedekah

sedekah

Bersedekah

Bersedekah memang dilakukan umat islam untuk membersihkan rezeki yang diperolehnya. Tapi jika bersedekah di bulan Ramadhan bukan hanya itu saja, banyak keuntungan lainnya yang bisa didapat, antara lain membuat seseorang lebih dapat bersyukur atas apa yang dimilikinya, pahala Ramadhan dilipatgandakan, bisa mempermudah kamu jalan menuju surga.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan dengan bersedekah mulai dari memberikan sebagian rezekimu kepada orang yang berhak, memasukan rezekimu ke kotak amal di mushola atau masjid, memberikan menu buka puasa kepada umat muslim yang juga sedang menjalankan ibadah puasa dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Cerdas Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadhan

8. Zakat Fitrah

nasi

Zakat Fitrah

Tak ada manusia yang sempurna. Bisa saja dalam satu bulan Ramadhan ada perkataan, sikap atau lainnya yang membuat ibadah menjadi tak sempurna. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa menyempurnakan ibadah yang telah kamu jalani selama satu bulan penuh dengan membayar zakat fitrah.

Zakat fitrah diperintahkan bayar pada mulai terbenamnya matahari 1 syawal hingga sebelum sholat idul fitri. Tapi tak menutup kemungkinan untuk mulai membayarnya pada pertangahan Ramadhan. Adapun rumus zakat fitrah yang perlu diketahui, yaitu:

  • Ukuran Liter Beras

Per orang = 3,5 liter x harga per liter beras dipasaran. (Misal: harga beras Rp8 ribu, Jadi setiap orang wajib membayar 3,5 liter x Rp8 ribu= Rp28 ribu)

  • Ukuran Berat Beras

Per orang = 2,5kg x harga per kg beras di pasaran. (Misal: per kg beras Rp11 ribu, Jadi setiap orang wajib bayar 2,5kg x Rp11 ribu = Rp27,5 ribu)

9. Silaturahmi

buka puasa

Silaturahmi

Tak bisa dipungkiri lagi, dengan bersilaturahmi banyak manfaat yang akan didapat nantinya. Dari berbagai hadis mengungkapkan bahwa silaturahmi dapat melampangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya. Apalagi bila kamu menjalankan silaturahmi di bulan puasa, maka kebaikan ini tentunya akan menghadirkan pahala. Silaturahmi ini bisa kamu lakukan selepas sholat tarawih, atau disaat menghadiri buka puasa bersama dengan teman atau tetangga rumah.

10. Menambah Pengetahuan Agama Islam

nonton youtube

Menambah pengetahuan Agama Islam

Memang benar, lebih baik tidur ketimbang mendengarkan ghibah orang lain. Tapi seharian tidur di hari libur juga tidak baik bahkan tidak mendapatkan pahala. Alangkah baiknya, isi waktu liburmu dengan menambah pengetahuan soal agama islam.

Hal ini bisa kamu lakukan tanpa harus mencari pengajian dekat rumah yang sedang berlangsung. Selain bisa membaca arti dari isi Al-quran dan membaca buku tentang Agama Islam, Kamu juga bisa memanfaatkan internet dengan mencari ilmu-ilmu Agama. Sekarang ini sudah banyak ustad dan ustajah yang menyampaikan dakwahnya lewat video yang diunggahnya di Youtube. Jadi, kamu bisa lebih mudah belajar agama dan plusnya lagi bisa mendapatkan banyak pahala.

Lakukan dengan Hati yang Ikhlas

Setiap umat muslim yang melaksanakan amalan selama bulan puasa memang akan mendapat pahala yang berlimpah. Namun, bila semua amalan dilaksanakan dengan terpaksa tentu saja akan sia-sia. Sebab, pahala yang didapat tidak akan maksimal. Untuk itu, lakukanlah semua amalan ibadah dan kebaikan dengan hati yang ikhlas, sehingga selain akan mendapatkan pahala yang maksimal, kamu juga akan mendapatkan dampat kebaikan lainnya.

Baca Juga: Intip Suka Duka Menjalankan Ibadah Puasa di Luar Negeri

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement