Ahad 19 May 2019 16:39 WIB

Hari Waisak, Jokowi Ingin Masyarakat Sejahtera

Peringatan Hari Waisak yang jatuh pada 19 Mei 2019.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Joko Widodo
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan Hari Waisak yang jatuh pada 19 Mei 2019 dirayakan oleh seluruh umat Budha. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memberikan ucapan selamat kepada umat Budha atas perayaan peringatan tiga peristiwa penting Siddharta Gautama. 

Melalui akun twitternya, Jokowi memberikan harapannya. "Semoga semua makhluk hidup sejahtera, bebas dari penyakit, damai dan berbahagia," kata Jokowi. 

Baca Juga

Sementara itu, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, peringatan Tri Suci Waisak merupakan momentum untuk mengevaluasi diri, melakukan introspeksi, dan mensucikan diri untuk melakukan perubahan.

“Kita memiliki tujuan yang sama, bagaimana kebahagiaan dan kemajuan terwujud,” kata menag saat memberikan sambutan pada Perayaan Hari Tri Suci Waisak 2563 Buddhist Era Tahun 2019, di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (18/5) malam.

photo
Sejumlah Biksu dan umat Buddha mengikuti prosesi meditasi saat detik-detik Waisak 2563 BE/2019 di Candi Borobudur, Jawa Tengah, Minggu (19/5/2019). Prosesi yang diikuti oleh ribuan umat Buddha tersebut menjadi rangkaian perayaan Hari Waisak 2019. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Dikutip dari laman setkab, Lukman menambahkan Hari Raya Waisak yang jatuh pada 19 Mei 2019 merupakan momen bagi umat Buddha untuk memperingati tiga hal penting, yaitu: kelahiran orang suci, pencapaian kebuddhaan, serta meninggalnya Buddha Gautama.

Menag berharap umat dapat meneladani ajaran Sang Buddha. Salah satu ajarannya adalah agar tiap manusia hidup sesuai dengan Dhamma. Hal ini tertuang dalam Kitab Dhammapada syair 168.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement