Jumat 24 May 2019 10:52 WIB

Sandar di Makassar, KRI Dewaruci Gelar Open Ship

KRI Dewaruci gelar Open Ship di Makassar selama tiga hari.

Red: Reiny Dwinanda
KRI Dewaruci
Foto: Silvy Dian Setiawan
KRI Dewaruci

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal) membuka kesempatan kepada warga masyarakat yang ingin melihat secara dekat dan naik ke KRI Dewaruci. Kapal perang legendaris Indonesia itu sedang bersandar di Dermaga Lantamal VI.

Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Waluyo mengatakan, kapal yang sudah dihiasi dengan bermacam bendera negara tersebut sudah sandar di Makassar sejak Kamis (23/5). Ia menyampaikan, KRI Dewarucikan akan ada di Makassar selama tiga hari.

"Oleh karena itu bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke kapal ini dapat datang langsung ke Dermaga Layang Mako Lantamal VI," katanya di Makassar, Jumat.

Dia menjelaskan KRI Dewarucidi buat di Jerman pada 1953 bersama dua kapal lainnya yang dibeli oleh Pemerintah Jerman dan Pemerintah Yugoslavia. Hanya saja, kedua kapal itu sudah karam.

"Tinggal KRI Dewaruci di Indonesia yang masih bertahan dan masih beroperasi dengan pengalamannya dalam berlayar di belahan dunia," katanya.

Ia mengatakan KRI Dewaruci ukurannya tidak terlalu besar, tetapi dalam sejarahnya kapal yang penuh heroisme ini sudah berkeliling dunia. KRI Dewaruci mendapatkan banyak penghargaan internasional, di antaranya Samkarya Nugraha karena sudah melebihi masa dinasnya sebagai kapal latih.

"KRI Dewaruci meski memiliki mesin, namun tetap mengajarkan sistem kebaharian yang menggunakan kearifan lokal, misalnya untuk penentuan arah para taruna dilatih melihat tanda-tanda alam, seperti bintang," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement