Rabu 29 May 2019 12:50 WIB

'Puasa Medsos', Marissa Anita Hindari Cas Ponsel di Kamar

Marissa juga memilih mematikan ponselnya saat mengecas.

Red: Yudha Manggala P Putra
Marissa Anita
Foto: Republika/Nurul Dyah Sariningtias (MG12)
Marissa Anita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris dan jurnalis Marissa Anita mengaku pertama kali "puasa medsos" pada 2016 lalu, saat sekolah di Inggris. Menurutnya hal itu membuatnya lebih produktif. Ia pun membagi satu kiat ampuh mengurangi pemakaian media sosial.

Yakni, dengan tidak pernah mengisi ulang daya ponselnya di kamar. Marissa mengaku selalu mengisi daya gawainya di luar kamar dan kondisi ponsel mati total. 

Bagi dia, mematikan ponsel berarti juga menstimulasi otak untuk beristirahat karena tidak perlu mengecek ponsel.

Jika ponsel terus menyala, biasanya muncul kekhawatiran ada yang menghubungi. Sehingga dia akan terus mengecek ponsel dan tidak bisa beristirahat.

Bagi Marissa media sosial bukan hal yang buruk, namun, dia mengaku media sosial memberinya distraksi. "Saya merasa enggak bisa fokus seperti dulu sebelum ada medsos," kata Marissa saat ditemui di acara "Gundala", Selasa (28/5) malam.

Menurutnya ada kalanya orang tidak bisa menahan diri saat mengakses media sosial, semula rencana hanya ingin buka media sosial selama 5 menit, tidak sadar menjadi satu jam. Padahal dalam waktu satu jam, bisa untuk melakukan hal-hal yang disukainya.

"Saya sudah merasa terlalu nyaman tanpa medsos karena saya bisa lebih produktif," tambah dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement