Stasiun Jakarta Kota Layani Pemberangkatan KA Jarak Jauh

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andi Nur Aminah

Kamis 30 May 2019 00:12 WIB

Tiket Lebaran: Sejumlah calon penumpang membeli tiket kereta api lebaran  Foto: Antara/Katriana Tiket Lebaran: Sejumlah calon penumpang membeli tiket kereta api lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki masa mudik lebaran, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjadikan Stasiun Jakarta Kota sebagai salah satu stasiun keberangkatan dan kedatangan kereta api (KA) jarak jauh. Hal tersebut dilakukan guna mengurangi kepadatan yang sering terjadi di Stasiun Pasar Senen.

Terdapat tiga KA jarak jauh yang memulai keberangkatan dari Stasiun Jakarta Kota, yaitu KA Kutojaya Utara, KA Jayakarta Premium, dan KA Menoreh.

Baca Juga

Bagi penumpang yang sebelumnya membeli tiket ketiga KA tersebut dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, penumpang tetap dapat naik melalui Stasiun Jakarta Kota.

“KAI membuka pelayanan KA jarak jauh di Stasiun Jakarta Kota guna mengurangi kepadatan di Stasiun Pasar Senen,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro lewat keterangan resmi yang diterima, Rabu (29/5).

Edi menjelaskan, jumlah rata-rata penumpang di Stasiun Pasar Senen sebanyak 12 ribu orang. Pada masa lebaran seperti ini, jumlahnya dapat meningkat menjadi 22 ribu orang per harinya. “Pemberangkatan KA Jarak Jauh dari Jakarta Kota ini ditujukan untuk memberikan alternatif stasiun keberangkatan kepada penumpang di wilayah ibu kota,” ujar Edi.

Selain itu, PT KAI telah menyiapkan berbagai fasilitas di stasiun Jakarta Kota. Peningkatan fasilitas itu di antaranya penambahan ruang tunggu penumpang dengan kapasitas hingga 1.000 penumpang. Ada juga penyediaan dua loket go show, dua loket pembatalan, dan dua mesin check in counter.

Untuk pelayanan naik dan turun penumpang, KA jarak jauh akan menggunakan jalur 2 dan 3 yang ada di Stasiun Jakarta Kota. Dengan adanya layanan ini, Stasiun Jakarta Kota diharapkan memudahkan masyarakat yang ingin bepergian dengan KA.

"Apalagi stasiun ini juga sudah terintegrasi dengan moda KRL Commuterline. Selain itu, lokasi stasiun yang berada di kawasan wisata Kota Tua bisa mempermudah masyarakat untuk langsung menuju lokasi wisata yang ada," ujar Edi.

Berikut daftar pemberangkatan dan kedatangan KA jarak jauh di Stasiun Jakarta Kota :

1. KA Kutojaya Utara dengan nomor KA 92 tujuan Jakarta Kota-Kutoarjo, berangkat dari pukul 04.50 WIB.

2. KA Jayakarta Premium dengan nomor KA 7064 tujuan Jakarta Kota-Surabaya Gubeng, berangkat pukul 12.50 WIB.

3. KA Menoreh dengan nomor KA 150 tujuan Jakarta Kota-Semarang Tawang, berangkat dari Jakarta Kota pukul 19.55 WIB.

4. KA Kutojaya Utara dengan nomer KA 191 tujuan Kutoarjo-Jakarta Kota berangkat pukul 17.00 WIB.

5. KA Jayakarta Premium dengan nomer KA 7063 tujuan Surabaya Gubeng-Jakarta Kota berangkat pukul 15.00 WIB.

6. KA Menoreh dengan nomer KA 149 tujuan Semarang Tawang-Jakarta Kota berangkat pukul 08.00 WIB.