Rabu 05 Jun 2019 01:55 WIB

Hidangan Lebaran Khas Nusantara

Hidangan ini identik dan menjadi ciri khas daerah-daerah di Indonesia.

Red: Yudha Manggala P Putra
Opor ayam, menu khas Lebaran.
Foto: Republika/Musiron
Opor ayam, menu khas Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebaran identik dengan sejumlah makanan khasnya. Selain ketupat, ada beberapa hidangan yang identik dengan sejumlah daerah di Nusantara, terutama pada momen Idul Fitri. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

Kuah Labu

Hidangan khas aceh ini biasanya disajikan dengan daging. Bumbunya menggunakan rempah standar dan daun temurui atau salam koja. Daun ini yang memberi sensasi aroma khas dari kuah labu.

Soto Banjar

Kuliner Nusantara yang satu ini berbahan utama ayam. Dagingnya disuwir dan disajikan dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, telur rebus, dan ketupat atau nasi.

photo

Soto banjar ayam kampung.

Ayam Gagape

Hidangan asal Makassar ini mirip dengan opor ayam. Hidangannya bersantan dan menggunakan ayam kampung yang dibumbui rempah-rempah kompleks khas Sulawesi.

Rendang

Masyarakat Minang biasa menyajikan Rendang sebagai menu Lebaran. Rendang bisa disajikan begitu saja atau menjadi pendamping menu lontong atau nasi. Rendang tidak selalu berbahan daging, bisa rendang ayam, rendang telur, atau rendang lokan (kerang).

photo
Masakan Indonesia Rendang

Semur Betawi

Semur Betawi berbahan potongan daging sapi dengan kuah kecap yang dimasak hingga lunak. Daging dilumuri campuran merica halus, ketumbar, jintan, biji pala, lengkuas, jahe, garam, dan kadang penyedap rasa.

Opor Ayam

Menu ini sangat dikenal hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Hidangannya berupa ayam rebus yang dibumbui santan kental, serai, kencur, bawang merah, bawang putih. Opor ayam biasanya disajikan dengan sepiring ketupat dan sambal goreng ati ampela atau ati kentang.

photo
Ketupat dan opor ayam, hidangan khas Lebaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement