Selasa 04 Jun 2019 21:51 WIB

H+2, Ada Opsi One Way ke Arah Kawasan Pantai Baron

One way dilakukan untuk mengantisipasi kawasan pantai macet total.

Red: Dwi Murdaningsih
Wisatawan di Pantai Baron
Foto: Antara/Noveradika
Wisatawan di Pantai Baron

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG KIDUL -- Kepolisian Resor Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau kepada wisatawan menentukan tujuan kunjungan objek wisata pantai yang akan didatangi. Sebab, pada H+2 akan diberlakukan jalan searah.

Kasatlantas Polres Gunung Kidul AKP Mega Tetuko, di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan Satlantas Polres Gunung Kidul akan melakukan rekayasa yakni "one way" menuju ke arah kawasan Pantai Baron dan sekitarnya. Hal ini dilakukan jika ada lonjakan yang signifikan untuk mengantisipasi kawasan pantai macet total seperti beberapa tahun lalu.

Baca Juga

"Jalur satu arah tersebut, wisatawan akan masuk melalui pos retribusi utama Pantai Baron, atau masuk melalui sisi barat. Nanti wisatawan akan keluar melalui Pos Tepus. Untuk kawasan wisata puncaknya diperkirakan H+2," kata Mega.

Adapun jalur wisata pantai dari arah barat ke timur, yakni Pantai Baron, ke timur ke Pantai Kukup, Sepanjang, Watu Kodok, Drini, Krakal, hingga Indrayanti. Kalau diberlakukan jalur searah menyebabkan wisatawan tidak bisa kembali ke arah barat.

Karena itu, wisatawan diimbau menentukan lokasi pantai yang dikunjungi sejak awal. Misalnya kunjungan awal di Pantai Baron ingin mencicipi ikan segar, lalu Pantai Sepanjang ingin bermain pasir putih yang luas, dilanjutkan ke Indrayanti, lalu pulang ke timur arah Wonosari.

"Kalau diberlakukan jalur searah, wisatawan tidak bisa kembali lagi ke arah barat (Baron)," katanya lagi.

Mega Tetuko mengatakan pihaknya akan mengoptimalkan jalan jalur lintas selatan (JJLS) untuk mengantisipasi kemacatan menuju objek wisata. Pihaknya sudah membuat penyekatan di jalur JJLS. Adapun lokasinya yakni Simpang Singkil, Trowono, dan Depan Polsek Saptosari.

"Kalau tidak dijaga wisatawan kembali ke jalur utama Wonosari-Yogyakarta, di sana akan terjadi kemacetan parah. Untuk itu, tahun ini kami upayakan memaksimalkan JJLS," katanya pula.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement