Jasa Marga Telat Berlakukan One Way di Tol Trans Jawa

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Christiyaningsih

Sabtu 08 Jun 2019 20:29 WIB

Petugas polisi berjaga saat pemberlakukan satu jalur (one way) di Tol Trans Jawa Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (7/6/2019). Foto: Antara/Aji Styawan Petugas polisi berjaga saat pemberlakukan satu jalur (one way) di Tol Trans Jawa Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (7/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- Tol Trans Jawa masih mengalami kemacetan panjang dalam arus balik hari ini. Padahal, di tol tersebut telah diberlakukan rekayasa lalu lintas one way sejak pukul 13.25 WIB. Menurut Corporate Communications Department Head Irra Susiyanti, pemberlakuan one way di hari kedua ini mundur dari yang telah direncanakan sebelumnya yakni pukul 12.00 WIB.

One way berlaku dari KM 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai KM 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. "Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah Trans Jawa) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Trans Jawa," ujar Irra Susiyanti, Sabtu (8/6).

Baca Juga

Jasa Marga mengimbau kendaraan bus dan non golongan I serta pengguna jalan jarak dekat untuk tetap menggunakan jalur normal. Kemudian pada pukul 14.15 WIB, atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow dari KM 70 sampai KM 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Contraflow diberlakukan untuk mengoptimalkan rekayasa lalu lintas one way dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang. Irra mengingatkan agar para pemudik tetap hati-hati berkendara, perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

Terpopuler