500 Ribu Pemudik Menyeberang Kembali ke Pulau Jawa

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah

Senin 10 Jun 2019 23:43 WIB

Pemudik sepeda motor mengantre memasuki kapal Roro di dermaga 3 pelabuhan penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (8/6/2019). Pemudik sepeda motor dari berbagai daerah di Sumatera secara bertahap mulai kembali ke pulau Jawa karena sebagian pemudik akan mulai bekerja pada Senin (10/6/2019). Foto: ANTARA FOTO/Ardiansyah Pemudik sepeda motor mengantre memasuki kapal Roro di dermaga 3 pelabuhan penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (8/6/2019). Pemudik sepeda motor dari berbagai daerah di Sumatera secara bertahap mulai kembali ke pulau Jawa karena sebagian pemudik akan mulai bekerja pada Senin (10/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat sekitar 509.644 orang pemudik telah kembali menyeberang ke Pulau Jawa hingga Senin (10/6) pukul 15.00 WIB atau H+4 arus balik Angkutan Lebaran Idul Fitri 1440 H. Sekretaris Perusahaan ASDP Indonesia Ferry Imelda Alini mengatakan hal tersebut juga diikuti dengan 50.492 unit kendaraan roda dua dan 61.380 unit roda empat ke atas lebih.

Sementara itu, untuk penumpang pejalan kaki pada arus balik dari hari kedua Lebaran, Kamis (6/9) hingga H+4 sore sudah mencapai 62 persen. Selanjutnya, penumpang di dalam kendaraan mencapai 56 persen atau sebanyak 430.827 orang.

Baca Juga

Dari data Posko Bakauheni, lanjut Imelda, trafik penumpang dan kendaraan terlihat kenaikan yang signifikan pada Sabtu (8/6) dan Ahad (9/6). "Ini diprediksi sebagai masa puncak arus balik Lebaran dari Bakauheni menuju Merak," kata Imelda, Senin (10/6).

photo
Pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal di Dermaga Eksekutif Sosoro Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (2/6).

Dia menjelaskan trafik penumpang mengalami kenaikan signifikan pada H+3 sebanyak 165.260 orang dan pada H+2 sebanyak 156.934 orang. Khusus penumpang pejalan kaki saja, dia mengatakan sudah mencapai 24.415 orang pada H+3.

Imelda menambahkan, trafik kendaraan roda empat secara total mencapai sebanyak 19.670 unit pada H+2 dan 18.067 unit pada H+3. "Tren ini lebih tinggi dibandingkan dari Pelabuhan Merak saat arus mudik kemarin," tutur Imelda.

Dia menilai, pada akhir pekan kemarin dapat dikatakan menjadi puncak arus balik untuk kendaraan roda empat dari Bakauheni menuju Merak. Sebab, saat akhir pekan kemarin terjadi kepadatan di Pelabuhan Bakauheni mengingat volume penumpang dan kendaraan pada arus balik mencapai puncaknya.

photo
Foto udara kendaraan pemudik tujuan Sumatrra antre memasuki kapal Roro di Dermaga Eksekutif Sosoro Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (2/6/2019).

Dengan periode arus balik yang lebih pendek dibandingkan arus mudik, pergerakan penumpang dan kendaraan dengan volume tinggi dan waktu yang bersamaan memicu kepadatan. "Tentu, kami bersama dengan stakeholder melakukan upaya maksimal untuk mengurai kepadatan tersebut," ujar Imelda.

Selain itu, pemberlakuan diferensiasi tarif penyeberangan selama arus mudik dan balik Lebaran juga membuat pengguna jasa antusias untuk melakukan penyeberangan saat siang hari. Memasuki H+4, Imelda menjelaskan volume kendaraan dan penumpang kami prediksikan akan terdistribusi hingga akhir pekan. "Mengingat masih ada sebagian pemudik yang mengambil cuti Lebaran maupun libur sekolah anak," tutur Imelda. 

 

Terpopuler