Selasa 11 Jun 2019 15:26 WIB

Empat Wisatawan Tenggelam di Pantai Sukabumi Diselamatkan

Ada sebanyak empat wisatawan yang tenggelam dan terselamatkan oleh petugas.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Esthi Maharani
Ribuan wisatawan masih memadati obyek wisata pantai di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada H+4 lebaran, Ahad (9/6).
Foto: dok. Balawista Sukabumi
Ribuan wisatawan masih memadati obyek wisata pantai di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada H+4 lebaran, Ahad (9/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Jumlah pengunjung tenggelam yang diselamatkan petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi bertambah banyak. Pada H+6 lebaran atau Selasa (11/6) ini dilaporkan ada sebanyak empat wisatawan yang tenggelam dan terselamatkan oleh petugas.

‘’Kasus kecelakaan laut pada Selasa dari pagi hingga siang tercatat sebanyak tiga kejadian di lokasi berbeda,’’ ujar Kepala Divisi Operasional, SDM, dan Diklat, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepuloh kepada wartawan.

Pertama kejadian laka laut di Pantai Karanghawu 2 Kebon Kelapa Cisolok sekitar pukul 09.00 WIB. Korban yang tenggelam dan berhasil diselamatkan adalah M Topik Alpariji (17) warga Kemang Kabupaten Bogor. Pengunjung tersebut berenang di dekat karang dan terlalu ke tengah. Sebelumnya petugas memberikan peringatan namun diabaikan sehingga terjadi kecelakaan dan petugas melakukan penyelamatan.

Lokasi laka laut kedua ungkap Asep yakni di Pantai Istiqomah dengan korban tenggelam Ahmad (16) dan M Abdul Rohman (15) warga Puncak, Kabupaten Bogor sekitar pukul 10.30 WIB. Keduanya juga berhasil diselamatkan petugas. Terakhir kasus laka laut di Pos Nambo Gurilap Cisolok satu korban yakni Muhamad Rizki (15) Ciawi Bogor berhasil diselamatkan.

Menurut Asep, pada upaya penyelamatan korban di Pantai Karanghawu satu petugas Balawista sempat tersangkut di karang. Akibatnya petugas yang bernama Muksin ini harus mendapatkan penangana medis di Puskesmas Cisolok.

Asep menuturkan, kasus wisatawan tenggelam ini menambah jumlah pengunjung tenggelam yang terselamatkan. Hingga Senin (10/6) lalu tercatat ada sebanyak 9 kasus laka laut dengan 17 orang korban terselamatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement